Liga Indonesia

Keuntungan yang Diperoleh Timnas Indonesia Jika Menang Lawan Vanuatu

Jumat, 14 Juni 2019 20:09 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan atas Vanuatu, untuk memperbaiki posisi mereka di ranking FIFA dan juga pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia harus menelan pil pahit kala bertandang ke markas Yordania dalam pertandingan uji coba agenda FIFA, pada Selasa (11/06/19) kemarin. 

Bermain di Stadion Internasional King Abdullah, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan telak dengan skor 1-4. Hasil tersebut rupanya berdampak negatif terhadap posisi Indonesia di ranking FIFA.

Dalam rilis ranking terbaru yang dikeluarkan oleh FIFA per tanggal 14 Juni 2019 hari ini, posisi Timnas Indonesia melorot satu peringkat ke posisi 160 dengan koleksi 1005 poin.

Skuat Garuda digeser oleh Malaysia yang melejit sembilan peringkat ke urutan 159 dengan koleksi 1009 poin, dari posisi sebelumnya 168.

Hasil itu tidak lepas dari keberhasilan Malaysia menang dua kali atas Timor Leste, dalam laga Pra Kualifikasi Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu, dengan skor 7-1 dan 5-1.

Selain di ranking FIFA, Malaysia juga sukses menggeser posisi Timnas Indonesia di penempatan pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang akan dilakukan pada 17 Juli 2019 di Doha, Qatar.

Posisi Timnas Indonesia kini berada di pot kelima bersama Singapura, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka, dan Pakistan. Sebelumnya, anak asuh Simon McMenemy berada di pot keempat.

Berikut Pembagian Pot untuk Drawing Piala Dunia 2022:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, UEA, Arab Saudi, Tiongkok

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Lebanon, Oman, Kirgizstan, Vietnam, Yordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Taiwan, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Afghanistan, Yaman, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Indonesia, Singapura, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka, Pakistan

Namun posisi pot tersebut belum final. Sejumlah negara masih bisa berubah, karena penempatan pot akhir akan ditentukan berdasarkan dari ranking terbaru FIFA pada bulan Juli 2019 nanti.

Hal tersebut membuat Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk mengejar Malaysia di ranking FIFA, sekaligus memperbaiki pot drawing kualifikasi.

Caranya bagaimana? Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan di laga uji coba terakhir, melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Sabtu (15/06/19) nanti.

Namun meski diakui FIFA, pertandingan tersebut tidak masuk dalam kalender Matchday A karena penyelenggarannya diluar tanggal yang telah ditentukan oleh FIFA yakni dari tanggal 3 hingga 11 Juni.

"Rata-rata lawan meminta pertandingan digelar pada tanggal 4 atau 5 Juni, di laga uji coba pertama FIFA Matchday. Namun berbenturan dengan Lebaran, sehingga kami tidak mungkin menyelenggarakan pertandingan," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Jadi kami terpaksa harus agendakan lawan Yordania 11 Juni dan 15 Juni lawan Vanuatu,” katanya menambahkan.

Situasi itu tentunya bisa berpengaruh terhadap bobot poin yang diperoleh Indonesia maupun Vanuatu jika berhasil meraih kemenangan.

Seperti diketahui, FIFA Matchday ketegori A berbobot 10 poin, sementara pertandingan di luar kalender FIFA cuma berbobot 5 poin.

Kendati demikian, Timnas Indonesia tetap diwajibkan meraih kemenangan atas Vanuatu, untuk menambah pundi-pundi poin mereka di ranking FIFA, dan diharapkan bisa mengubah posisi dalam pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022.