Bola Internasional

Marta, Wanita Pemecah Rekor Piala Dunia yang Kini Sejajar Miroslav Klose

Jumat, 14 Juni 2019 12:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/Getty Images
Lewat Piala Dunia Wanita 2019, Marta Vieira da Silva mencetak rekor yang menyamai torehan Miroslav Klose. Michael Regan/Getty Images. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Lewat Piala Dunia Wanita 2019, Marta Vieira da Silva mencetak rekor yang menyamai torehan Miroslav Klose. Michael Regan/Getty Images.

INDOSPORT. COM - Marta Vieira da Silva, pesepak bola wanita ini baru saja berhasil memecahkan rekor di ajang Piala Dunia. Rekor ini membuat namanya kini sejajar dengan legenda timnas Jerman, Miroslav Klose.

Rekor tersebut tercipta dalam ajang Piala Dunia Wanita 2019. Marta yang tampil membela timnas Brasil berhasil mencetak satu gol ketika negaranya dikalahkan Australia 2-3 di laga kedua Grup C.

Berkat torehan itu, total gol Marta sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia kini berjumlah 16 gol. Angka tersebut menyamai rekor yang dipegang pesepak bola pria, Miroslav Klose.

Sosok Klose yang merupakan legenda Timnas Jerman sudah tampil membela negaranya dalam empat edisi Piala Dunia, yakni 2002, 2006, 2010, dan 2014. Dia mampu membukukan 16 gol atau terbanyak di antara para pesepak bola pria lainnya.

Bila ditelisik lagi, Marta memecahkan rekor lainnya. Bahkan, rekor Marta yang kedua ini mencakup lingkup sepak bola wanita dan pria.

Ya, Marta jadi satu-satu pemain sepak bola yang rutin mencetak gol di lima edisi Piala Dunia berbeda. Rekor kedua ini makin menegaskan bahwa kiprah Marta tak kalah dari para pesepak bola pria.

Seperti terungkap lewat cuitan akun Twitter resmi Piala Dunia Wanita, Marta pertama kali tampil di Piala Dunia 2003 dan menyumbangkan tiga gol. Berlanjut pada edisi 2007, Marta mampu mencetak tujuh gol, lalu 2011 (4 gol), 2015 (1 gol), dan edisi 2019 baru satu gol.

Sayangnya, kemungkinan Piala Dunia Wanita 2019 menjadi penampilan terakhir Marta. Maklum saja, dia kini telah berusia 33 tahun, dan rasanya sulit bila ia tetap bermain di edisi berikutnya, yakni 2023.