Bola Internasional

Cerita Kocak Paul Munster Usai Resmi Tukangi Timnas Vanuatu

Sabtu, 15 Juni 2019 13:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© vff.vu
Paul Munster pelatih timnas Vanuatu Copyright: © vff.vu
Paul Munster pelatih timnas Vanuatu

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Vanuatu, Paul Munster, memiliki kisah lucu ketika pertama kali resmi ditunjuk sebagai juru taktik negara bagian Oceania pada bulan Februari 2019 lalu.

Ketika pertama kali menjejakkan kaki di negara kepulauan di kawasan Samudera Pasific ini, Munster cukup dipusingkan dengan pola makan para pemain besutannya mengingat negara tersebut memiliki suhu hangat hingga 30 derajat celcius.

Hal ini pun menjadi cerita lucu baginya karena harus menetapkan beberapa makanan tertentu yang dilarang dikonsumsi oleh pemainnya demi menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

Menurut Sky Sports, Munster melarang para pemainnya mengonsumsi saus tomat dan es krim. “Tidak ada lagi es krim,” kata Munster sambil tertawa.

Selain makanan, Munster juga mewanti-wanti petugas lapangan untuk memotong rumput dengan benar. Kondisi lapangan yang terawat akan menunjang program latihan para pemain sehingga mereka bisa mencapai level yang diharapkan.

Terlepas dari kedua hal tersebut, Munster cukup terkesan dengan lalu lintas Vanuatu yang cukup tenang dibandingkan India, negara tempat dia tinggal sebelumnya saat memenangkan dua trofi bersama Minerva Punjab dari Liga India.

“Tidak ada lalu lintas dan tidak ada kekacauan, hanya pohon-pohon palem, hutan dan lading. Kota itu telah dipiluh sebagai negara paling ramah selama dua tahun terakhir.”

Munster mengambil alih Vanuatu dengan mengantongi modal lisensi kepelatihan yang tinggi, yakni EUFA Pro Licence sejak 2018. Sebelumnya, Munster juga mendapatkan lisensi UEFA A pada 2016 dan UEFA B pada 2013 lalu.

Paul Munster akan mendampingi Timnas Vanuatu melawan Timnas Indonesia pada hari Sabtu (15/06/19) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pukul 18.30 WIB.