Bola Internasional

Diremehkan, Ini Catatan Gemilang Timnas Vanuatu di Ajang Sepak Bola Internasional

Jumat, 14 Juni 2019 19:43 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu. Copyright: © PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu.

INDOSPORT.COM - Walau diremehkan, Timnas Vanuatu ternyata memilki catatan gemilang di ajang sepak bola Internasional yang wajib di waspadai Timnas Indonesia. Apakah itu?

Timnas Indonesia sendiri memang dijadwalkan bakal melakoni laga uji coba kontra Vanuatu pada Sabtu (15/06/19) mendatang, dan menjadi pertandingan uji coba kedua skuat Garuda bulan Juni ini.

Secara ranking FIFA jelas Timnas Indonesia sedikit lebih diunggulkan ketimbang tim lawan, saat ini tercatat skuat arahan Simon McMenemy tersebut tengah bertengger di peringkat ke 160 sementara Vanuatu tiga strip dibawah.

Meski levelnya berada di bawah Timnas Indonesia, namun perwakilan dari zona Oseania ini sempat memiliki catatan manis di ajang internasional dan harus diperhatikan oleh skuat Garuda.

Sejak resmi menjadi anggota FIFA dan OFC (federasi sepak bola Oceania) pada tahun 1988 silam, Timnas Vanuatu telah mengikuti berbagai ajang sepak bola internasional seperti kejuaraan OFC, Pasific Games (Asian Games untuk negara-negara Oceania), Piala Melanesia dan juga Kualifikasi Piala Dunia.

Bahkan di ajang OFC Nations Cup (Piala Asia-nya zona Oseania), dari 9 kali tampil mereka pernah finish di posisi keempat pada edisi 2008 silam.

Selain itu, salah satu raihan terbaik Timnas Vanuatu juga terjadi dalam event Pasific Games, di mana mereka mampu meraih tiga kali posisi ketiga terbaik dalam 14 penampilan.

Catatan dalam dua tiga pertandingan terakhir mereka di bulan Juni 2019 ini terbilang cukup impresif, di mana anak asuh Paul Munster tersebut tak pernah menelan kekalahan dengan rincian satu imbang dan satu kemenangan.

Sementara Timnas Indonesia dalam dua pertandingan uji coba tahun 2019 ini baru meraih satu kemenangan, dan satu kekalahan kontra Yordania pada Rabu (11/06/19) kemarin.

Dengan sederet catatan tersebut, sangat wajib bagi para pemain Timnas untuk tidak terlalu jumawa dan berbangga dengan ranking FIFA yang mereka dapatkan saat ini, karena bisa jadi Vanuatu yang tampil tanpa beban bisa memberikan kejutan bagi seluruh skuat Garuda.