Bola Internasional

Harga Skuat Vanuatu Lebih Murah 4 Kali Lipat dari Timnas Indonesia

Sabtu, 15 Juni 2019 12:08 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu. Copyright: © PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menjalani pertandingan kedua agenda FIFA match day pada hari ini, Sabtu (15/06/19) malam WIB. Bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Skuat Garuda bakal menghadapi Vanuatu pada pukul 18.30 WIB.

Sebelum menghadapi wakil Oceania ini, Timnas Indonesia lebih dulu berhadapan dengan Yordania pada 11 Juni kemarin. Sayangnya, tim asuhan Simon McMenemy dipaksa menyerah dengan skor telak 1-4.

Kekalahan itu cukup memukul para pemain Timnas Indonesia, terlebih mereka juga harus kehilangan Ramdani Lestaluhu dalam beberapa waktu ke depan. Gelandang Persija Jakarta itu dikabarkan mengalami cedera parah di bagian bahunya.

Kendati demikian, pelatih Simon McMenemy masih memiliki banyak opsi untuk menggantikan peran Ramdani Lestaluhu. Irfan Bachdim atau Novri Setiawan pun bisa memainkan peran Ramdani pada laga melawan Vanuatu.

Timnas Indonesia harus menampilkan permainan maksimal di pertandingan nanti. Pasalnya, hasil pertandingan melawan Vanuatu bisa mempengaruhi kelangsungan Timnas Indonedia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jika melihat pengalaman dan materi pemain, Timnas Indonesia sedikit lebih diunggulkan. Hal itu tebukti ketika peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA lebih baik, yakni 160, dibandingkan dengan Vanuatu (posisi ke-163).

Selain itu, Timnas Indonesia juga lebih diunggulkan dalam urusan mahalnya skuat ketimbang Vanuatu. Bahkan seluruh skuat yang dimiliki Vanuatu lebih murah empat kali lipat dari harga transfer penggawa Timnas Indonesia.

© Vanuatu Daily Post
Timnas Vanuatu. Copyright: Vanuatu Daily PostTimnas Vanuatu.

Menurut laporan situs Transfermarkt, harga skuat Vanuatu menyentuh harga 1 juta euro atau setara dengan Rp16,8 miliar. Di mana kebanyakan pemain Vanuatu hanya dibanderol dengan harga sebesar 25 ribu euro atau Rp401 juta.

Pemain termahal yang ada di skuat Vanuatu jatuh kepada gelandang keturunan Australia, yakni Mitch Cooper. Gelandang yang masih berusia 24 tahun tersebut dibanderol dengan harga sebesar 350 ribu euro (Rp5,6 miliar).

Sedangkan Timnas Indonesia memiliki harga yang terbilang fantastis. Masih dari sumber yang sama, harga seluruh skuat Timnas Indonesia mampu menyentuh angka 4,1 juta euro atau sekitar Rp66,6 miliar.

Namun menariknya, harga satu pemain Timnas Indonesia tak ada yang mampu melebihi harga transfer pemain termahal Vanuatu, Mitch Cooper. Karena pemain termahal Timnas Indonesia hanya mampu menyentuh harga 325 ribu euro (Rp5,2 miliar).

Pemain yang mendapatkan status termahal di skuat Timnas Indonesia adalah pemain andalan Persija Jakarta, yakni Riko Simanjuntak. Harganya melonjak naik setelah menampilkan permainan mengesankan sejak musim 2018 lalu.

Meski harga skuat Timnas Indonesia lebih mahal empat kali lipat dari Vanuatu, bukan berarti Garuda Merah Putih bisa mendapatkan kemenangan dengan mudah. Karena bukan ide yang baik memandang lawan dengan sebelah mata.