Bola Internasional

Apa Kabar Peter Green? Wasit Timnas Indonesia vs Malaysia di Final AFF 2010

Sabtu, 15 Juni 2019 19:27 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© myfootball.com.au
Peter Green, wasit Australia yang pimpin laga final Piala AFF 2010 antara Timnas Indonesia vs Malaysia. Copyright: © myfootball.com.au
Peter Green, wasit Australia yang pimpin laga final Piala AFF 2010 antara Timnas Indonesia vs Malaysia.

INDOSPORT.COM - Lama tak terdengar, apa kabar Peter Green? Wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia vs Malaysia di Final AFF tahun 2010 silam.

Pengadil lapangan kelahiran Brisbane, Australia ini sempat menjadi perbincangan hangat publik sepak bola Tanah Air tepatnya pada periode tahun 2010 lalu, saat Timnas Indonesia menjalani leg kedua final Piala AFF kontra Malaysia.

Pertandingan sepak bola yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno tersebut, berhasil dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 2-1, namun meski menang Timnas Indonesia gagal mengangkat trofi usai kalah aggregat atas tim Jiran.

Nama Peter Green diingat bukan karena aksi kontroversialnya, melainkan keputusan pinalti di awal pertandingan babak pertama yang sempat membuat asa kemenangan skuat Garuda meninggi.

Sayangnya eksekusi yang diambil Firman Utina masih bisa diamankan kiper Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat. Indonesia pun harus puas kembali meraih gelar runner-up di Piala AFF, meski skor akhir mampu menang 2-1 atas sang rival.

Dalam pertandingan leg kedua final Piala AFF 2010 lalu, Peter Green cukup tegas dan adil. Kedua kesebelasan pun tak pernah melakukan protes berlebihan yang membuat laga terhenti.

Total selama 90 menit mempimin laga, Peter Green telah mengeluarkan lima kartu kuning dengan Timnas Indonesia menjadi tim yang lebih banyak menerima (tiga kartu kuning).

Kini setelah sembilan tahun lamanya, karier Peter Green tampak lebih gemilang di dunia kepelatihan Australia. Tercatat usai memimpin final Piala AFF 2010 lalu, dirinya telah dua kali menjadi wasit di final A-League Series musim 2012/13 dan 2013/14.

Peter Green juga pernah menjadi wasit di ajang Piala Dunia, tepatnya di babak kualifikasi dan penyisihan grup Piala Dunia zona Asia edisi 2011/12, 2014/15 dan 2016/17.

Dalam tiga edisi tersebut, terdapat satu pertandingan sepak bola sengit yang ia pimpin yakni laga antara Irak vs China. Pada pertandingan babak penyisihan Grup A tersebut, Peter Green harus mengeluarkan empat kartu kuning dan satu kartu merah.

Selama musim A-League 2012–13, Green mencatatkan 13 pertandingan yang ia pimpin, termasuk Grand Final A-League musim 2012-13.

Peter Green pun menjadi salah satu wasit sepak bola terlama yang pernah memimpin A-League. Pada tanggal 4 April 2017, Peter Green ditunjuk sebagai salah satu asisten video wasit (VAR) perdana di Hyundai A-League.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%