Bola Internasional

Media Vietnam Sebut Indonesia Tengah Mengincar Pelatih Park Hang-seo

Minggu, 16 Juni 2019 15:58 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© 24h.com.vn
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, disebutkan tengah didekati oleh Indonesia. Copyright: © 24h.com.vn
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, disebutkan tengah didekati oleh Indonesia.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tidak kunjung memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, untuk menangani skiuat The Golden Stars.

Padahal, menurut data Transfermarkt, kerja sama antara VFF dengan Park Hang-seo yang dimulai sejak Oktober 2017 itu akan segera berakhir pada akhir Juni 2019.

Kondisi itu memunculkan banyak spekulasi. Seperti yang diberitakan oleh media asal Korea Selatan, Star News, menyebut Park Hang-seo tengah diincar negara-negera Asia Tenggara.

Tiga negara yang dianggap sebagai peminat utama Park Hang-seo, yakni Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Oleh sebab itu, VFF diharapkan agar segera memperpanjang kontrak Park Hang-seo jika tidak ingin kehilangan.

"Saat ini, ada informasi dari Vietnam yang menunjukkan bahwa Thailand, Malaysia, dan Indonesia sedang mendekati pelatih Park Hang-seo," tulis Star News yang dikutip oleh Bongda.vn.

"Dengan terus meningkatnya sepak bola Vietnam, VFF seharusnya memiliki langkah mendesak untuk mempertahankan Mr. Park! Kontrak kedua belah pihak secara bertahap akan berakhir," lanjutnya.

Namun, kemungkinan Indonesia dan Malaysia untuk mendatangkan Park Hang-seo terbilang kecil, mengingat kedua negara masih memiliki pelatih kepala masing-masing.

Indonesia melalui PSSI telah menunjuk Simon McMenemy, sementara Malaysia masih puas dengan kinerja Tan Cheng Hoe, yang baru-baru ini berhasil mengangkat rangking FIFA.

Thailand menjadi negara yang masih mungkin mengincar Park Hang-seo. Sebab, kursi kepala pelatih Gajah Perang masih kosong, setelah Sirisak Yodyardthai memutuskan mundur.

"Sepak bola Thailand menghadapi krisis dan sangat membutuhkan pelatih berbakat seperti Mr. Park untuk mengarahkan kapal berdiri di depan jurang," tulis Star News. 

"Di masa lalu, Perang Gajah berada di posisi no 1 di wilayah tersebut, tetapi sekarang angin telah berubah arah. Kegagalan di Piala Raja menunjukkan bahwa Thailand telah jatuh ke dalam situasi yang mengkhawatirkan," imbuhnya.

Park Hang-seo menjadi pelatih yang sangat sukses di Vietnam. Dalam dua tahun terakhir, ia berhasil membawa negara Paman Ho lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2018, semifinal Asian Games 2018, dan juara Piala AFF 2018.