Bola Internasional

Mirip Garuda Select, 10 Pemain Muda Thailand Bakal Berlatih di Inggris

Minggu, 16 Juni 2019 15:21 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fox Sports Asia
Para Pemain Muda Thailand yang Masuk dalam Akademi Leicester Copyright: © Fox Sports Asia
Para Pemain Muda Thailand yang Masuk dalam Akademi Leicester

INDOSPORT.COM – Sepuluh pemain muda Thailand dilaporkan akan berlatih di akademi klub Liga Primer Inggris, Leicester City. Hal ini hampir serupa dengan program Garuda Select yang mengirimkan bakat muda Indonesia U-16 untuk berlatih sepak bola di Inggris.

Dilansir dari situs olahraga FOX Sports, sepuluh pesepak bola muda Thailand itu terpilih sebagai generasi keempat Fox Hunt yang telah menjalani serangkaian seleksi ketat.

Fox Hunt sendiri merupakan ajang yang diadakan oleh King Power, sponsor dan pemilik utama Leicester City asal Thailand, yang memberikan kesempatan besar untuk bibit-bibit pesepak bola Negeri Gajah Putih. Ajang ini sendiri telah berlangsung dalam empat tahun terakhir.

Sepuluh pemain yang masih berusia di bawah 16 tahun itu lolos mengalahkan lebih dari 4.800 kandidat. Mereka kemudian akan menjalani pelatihan selama 30 bulan di King Power Stadium dan diharapkan akan menjadi penggawa Timnas Thailand di masa depan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, pemain hasil program ini sukses mengembangkan teknik sepak bola dan kondisi fisik mereka. Ini diharapkan akan menjadi sumber daya yang kuat untuk sepak bola Thailand,” ujar Apichet Srivaddhanaprabha, pemilik Leicester City sekaligus asisten CEO King Power.

Program yang diadakan oleh sponsor pemilik Leicester ini mulai menunjukkan hasilnya. Anon Samakorn adalah salah satu pemain jebolan Fox Hunt yang memperkuat Timnas Thailand di ajang Piala AFF U-22 2019. Selain itu, Kantapat Munpati yang juga berlatih di Leicester berhasil memenangkan gelar Piala AFF U-19 pada 2017 lalu.

Jika dibandingkan dengan program Garuda Select, program ini memiliki perbedaan dengan langsung terhubung dengan klub Liga Primer Inggris. Adapun Supriadi dkk. yang berangkat ke Inggris beberapa waktu lalu lebih berupa proyeksi timnas Indonesia di masa depan dengan beruji coba melawan klub akademi lokal.