Bola Internasional

Pembantaian Timnas Indonesia atas Vanuatu Jadi Sorotan Media Asing

Minggu, 16 Juni 2019 13:11 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia mengalahkan Vanuatu 6-0 dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto: Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia mengalahkan Vanuatu 6-0 dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Skuat Timnas Indonesia mendapat sorotan dari media asal Amerika Serikat, FOX Sports, usai meraih kemenangan telak atas Vanuatu dengan skor 6-0 dalam laga uji coba internasional pada Sabtu (15/6/19) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

‘Pembantaian’ yang dilakukan skuat Garuda ini disebutnya menjadi pelipur lara usai kekalahan 1-4 dari Yordania pada empat hari sebelumnya.

Selain itu, performa memukau Beto Goncalves dan Andik Vermansah membuat FOX Sports menyebut keduanya sebagai pemain terbaik. Mereka bahkan mendeskripsikan seluruh proses empat gol Beto pada menit kedua, 48, 61, dan 65 yang terjadi berkat empat assists Andik.

© Fox Sports Asia
Sorotan Media Fox Sports Atas Kemenangan Telak Timnas Indonesia Copyright: Fox Sports AsiaSorotan Media Fox Sports Atas Kemenangan Telak Timnas Indonesia

Gol pertama Beto terjadi berkat umpan silang Andik saat pertandingan baru berjalan 90 detik. Proses umpan Andik terjadi usai ia berlari di sisi kiri pertahanan Timnas Vanuatu dan melewati beberapa bek lawan. Beto, rekan setim Andik di Madura United, menceploskan bola ke gawang dari jarak kurang dari 10 meter.

Selanjutnya, gol kedua Beto tercipta dengan cara yang hampir sama. Namun, kali ini eks Persipura Jayapura itu mencetak golnya dengan sundulan.

Gol ketiga Beto tercipta dengan cara yang indah. Usai menerima bola dari Andik dari sisi kanan lapangan, ia berlari ke kotak penalti dan berhasil melewati dua bek Vanuatu hingga terjatuh. Striker yang mendapatkan debutnya untuk Timnas Indonesia pada 2018 ini kemudian mengecoh sang kiper dengan menendang bola ke sisi kanan gawang.

Gol terakhirnya tercipta dengan cara yang serupa dengan gol kedua. Bedanya, Andik Vermansah memberikan umpan lambung kepada Beto dari sisi kanan.

Adapun dua gol sisanya dicetak oleh eks kapten Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas Darmono. Gelandang klub Barito Putera ini mencetak gol kedua pada menit ke-19 dan gol pamungkas pada menit ke-74.

Pelatih Simon McMenemy mengatakan bahwa dirinya puas dengan performa anak asuhnya. Saat ini, skuat Garuda tinggal menunggu undian putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dilakukan pada 15 Juli 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
14%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
29%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%