Bola Internasional

Mengintip Binh Duong, Rumah Sang Buddha Tidur yang Disambangi PSM Makassar

Senin, 17 Juni 2019 12:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© ivivu.com
Suasana di Hoi Khanh Temple Vietnam Copyright: © ivivu.com
Suasana di Hoi Khanh Temple Vietnam

INDOSPORT.COM - Akan disambangi PSM Makassar dalam laga Piala AFC 2019, Binh Duong merupakan provinsi yang memiliki banyak tempat wisata menarik di Vietnam.

Menjadi pemuncak Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar akan ditantang runner up Grup G, Becamex Binh Duong di babak semifinal zona ASEAN.

Melawan Becamex Binh Duong, tim berjuluk Juku Eja itu harus terlebih dahulu melakoni laga tandang yang sedianya digelar tengah pekan ini, Rabu (19/06/19).

Meski akan terlebih dahulu berstatus sebagai tim tamu, PSM Makassar tentu tak akan gentar. Apa lagi, sebagian suporter setia mereka kemungkinan besar akan tetap mendukung langsung perjuangan Wiljan Pluim dan kawan-kawan langsung di markas Becamex Binh Duong.

Berdasarkan kemungkinan tersebut, maka dari itu INDOSPORT coba memberikan panduan singkat mengenai kondisi wilayah Binh Duong, sebelum nantinya suporter PSM Makassar hadir langsung mendukung klubnya di provinsi bagian negara Vietnam itu.

Ibukota Binh Duong, Thu Dau Mot

Binh Duong, tempat di mana Becamex Binh Dong berasal adalah provinsi seluas 2.695 km² yang ada di wilayah selatan Vietnam.

Provinsi Binh Duong tersebut berada tepat di sebelah utara salah satu kota terbesar di Vietnam Ho Chi Minh atau yang dulu dikenal sebagai Saigon. Sementara klub Becamex Binh Duong sendiri, merupakan klub yang berasal dari Ibu kota Binh Duong, yakni Thu Dau Mot.

Berada di tepian Sungai Saigon, Thu Dau Mot memiliki banyak banyak atraksi wisata menarik yang nantinya bisa dikunjungi oleh suporter PSM Makassar yang datang langsung mendukung tim pujaannya.

Salah satu yang paling menarik adalah Hoi Khanh Temple. Kuil yang dibangun pada tahun 1741 dan merupakan lokasi dari keberadaan patung Buddha raksasa dalam posisi tertidur.

© Go Vietnam!
Budha Hoi Khanh Temple di Vietnam. Copyright: Go Vietnam!Budha Hoi Khanh Temple di Vietnam.

Dengan usianya yang hampir 300 tahun, Hoi Khanh Temple menjadi menarik untuk didatangi para suporter PSM Makassar nanti juga karena banyaknya nilai sejarah yang terdapat di sana. 

© ivivu.com
Halaman depan di Hoi Khanh Temple Vietnam. Copyright: ivivu.comHalaman depan di Hoi Khanh Temple Vietnam.
© ivivu.com
Suasana di Hoi Khanh Temple Vietnam. Copyright: ivivu.comSuasana di Hoi Khanh Temple Vietnam.
© ivivu.com
Tampak dalam di Hoi Khanh Temple Vietnam. Copyright: ivivu.comTampak dalam di Hoi Khanh Temple Vietnam.

Selain itu, lokasinya yang berada di atas bukit membuat suasana di Hoi Khanh Temple semakin sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Binh Duong. Di sana, suporter PSM Makassar bisa menikmati langsung suasana kota Thu Dau Mot dan provinsi Binh Duong secara keseluruhan dari atas.

© ivivu.com
Suasana di Hoi Khanh Temple Vietnam. Copyright: ivivu.comSuasana di Hoi Khanh Temple Vietnam.

Selain Hoi Khanh Temple, di kota tempat Becamex Binh Duong bermarkas masih ada beberapa lokasi wista yang menarik untuk didatangi suporter PSM Makassar. Seperti The Ong Temple, The Lacquer village, Temple of lady Thien Hau dan Ancient house by the market of Thu Dau Mot.