Liga Indonesia

Jelang Jamu Kalteng Putra, Jacksen Waspadai 2 Striker Papua

Selasa, 18 Juni 2019 10:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago mewaspadai dua pemain asal Papua yang dimiliki oleh Kalteng Putra. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago mewaspadai dua pemain asal Papua yang dimiliki oleh Kalteng Putra.

INDOSPORT.COM – Pembenahan dan evaluasi terus dilakukan klub sepak bola Barito Putera jelang menghadapi laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia) menghadapi Kalteng Putra di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (22/06/19).

Barito memang terus-menerus meraih hasil minor di tiga laga awal. Usai menahan imbang Persija Jakarta 1-1, Laskar Antasari kemudian harus takluk dari Madura United dan Bhayangkara FC, sehingga pelatih Jacksen F. Tiago melakukan evaluasi besar-besaran terhadap performa anak asuhnya.

Pelatih sepak bola  asal Brasil tersebut mengakui jika hasil negatif beruntun yang didapatnya adalah karena belum ada wing back yang bermain optimal. Salah satu faktor penyebabnya tentu saja adalah absennya Gavin Kwan Adsit yang masih dalam pemulihan paska cedera.

“Ini merupakan bagian dari evaluasi kita, selama tiga laga terakhir wing back kita terkesan kurang aktif, serangan kita cenderung monoton karena serangan sayap hanya dilakukan oleh tiga winger di depan."

"Kita ingin adanya improvisasi dari wing back, sehingga serangan kita lebih bervariasi,” beber Jacksen usai memimpin latihan di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (17/06/19) sore.

Jelang menghadapi laga kandang kontra Kalteng Putra, pelatih sepak bola berusia 51 tahun itu mulai mempelajari gaya bermain lawan dan membenahi hal-hal internal yang dirasa menjadi ancaman, termasuk mewaspadai dua pemain Laskar Isen Mulang asal Papua, yakni Patrich Wanggai dan Ferinando Pahabol.

“Organisasi pertahanan juga menjadi fokus kita, tujuannya untuk mengantisipasi situasi yang akan kita hadapi lawan Kalteng Putra.”

“Kita tahu Kalteng memiliki pemain yang kuat dan memiliki kecepatan seperti Patrich Wanggai, Diogo (Campos), dan Feri Pahabol,” jelas Jacksen.

Sebagai salah satu klub promosi musim ini, Kalteng Putra memang membuktikan jika mereka layak bermain di kompetisi kasta tertinggi Liga 1 2019. Hingga pekan ketiga, klub besutan Gomes de Oliviera kokoh di peringkat lima besar dengan koleksi empat poin.