Bola Internasional

Mirisnya Kualitas Argentina Saat Ini, Bisa Saja Kalah dari Tonga Hingga Timnas Indonesia

Selasa, 18 Juni 2019 14:15 WIB
Editor: Juni Adi
© JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Pemain Argentina meninggalkan lapangan setelah dikalahkan 2-0 oleh Kolombia turnamen Copa America, Minggu (16/06/2019). Foto: JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images Copyright: © JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Pemain Argentina meninggalkan lapangan setelah dikalahkan 2-0 oleh Kolombia turnamen Copa America, Minggu (16/06/2019). Foto: JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images

INDOSPORT.COM - Buruknya performa Argentina di ajang internasional Copa America 2019, membuat legenda sepak bola Diego Maradona marah, dan menilai Argentina bisa saja kalah dari negara antah berantah.

Timnas Argentina harus mengawali turnamen Copa America 2019 dengan mimpi buruk. Secara mengejutkan mereka kalah 0-2 dari Kolombia di laga perdana Grup B pada Minggu (16/06/19) lalu.

Bermain di Stadion Fonte Nova, Argentina sejatinya tampil cukup baik sepanjang 90 menit. Mereka mampu menguasai jalannya laga dengan penguasaan bola 53 persen, dan 13 kali tendangan ke gawang. Enam diantaranya tepat sasaran.

Namun sayang, superiornya Argentina tak mampu mengalahkan efektivitas serangan yang dibangun oleh Kolombia lewat skeman serangan balik.

Tim besutan pelatih Carlos Queiroz itu juga lebih baik dalam melakukan penyelesaian akhir, sehingga mampu menciptakan dua gol melalui Roger Martinez menit ke-71 dan Duvan Zapata menit ke-86.

Padahal, Kolombia hanya menguasai ball possession sebesar 47 persen, dengan 8 tendangan ke gawang, 2 diantaranya tepat sasaran. Keunggulan 2-0 berhasil dipertahankan Kolombia hingga akhir laga.

Hasil tersebut membuat Argentina saat ini terpuruk di dasar klasemen Grup B, dibawah Kolombia (1), Paraguay (2) dan Qatar (3). 

© Jam Media/Getty Images
Lionel Messi tertunduk setelah timnya mengalami kekalahan atas Kolombia, Minggu (16/06/2019). Foto: Jam Media/Getty Images Copyright: Jam Media/Getty ImagesLionel Messi tertunduk setelah timnya mengalami kekalahan atas Kolombia, Minggu (16/06/2019). Foto: Jam Media/Getty Images

Argentina Bisa Kalah dari Negara Antah Berantah

Kekalahan ini membuat salah satu legenda Argentina, Diego Maradona berang. Bahkan ia tidak segan melontarkan kalimat bernada merendahkan kualitas skuat Argentina saat ini, yang diperkuat pemain terbaik dunia, Lionel Messi.

Disebutnya timnas Argentina yang sekarang bisa kalah jika bertemu dengan negara antah berantah, Tonga dalam sebuah laga internasional.

"Hasil ini membuat Anda akan berpikir bawah (Timnas) Tonga bisa mengalahkan Argentina," kelekar Diego Maradona dikutip dari laman Marca.

"Mereka telah menodai seragam Argentina!" tambahnya.

Tonga sendiri merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di tengah samudera pasifik bagian selatan. Atau lebih gampangnya, Tonga berada sekitar 5.000 kilometer di sebelah barat Australia, dan masuk juga dalam wilayah Oseania.

Negara berpenduduk sekitar 107 ribu orang (2016) itu tergabung dalam anggota federasi sepak bola Oceania, OFC. Menilik rangking FIFA per 14 Juni 2019, jarak peringkat Argentina dengan Tonga perbandingannya bak langit dan bumi.

Albiceleste menduduki peringkat ke-11, sementara Tonga ada di urutan ke 202 dari 211 timnas yang terdaftar di FIFA. Posisi Tonga bahkan lebih buruk dari Timnas Indonesia, yang saat ini menempati urutan ke-160.

Di atas kertas, jika Tonga disebut mampu kalahkan Argentina maka Timnas Indonesia pun bisa melakukannya karena secara kualitas Skuat Garuda bahkan jauh lebih baik dari Tonga.

Performa Argentina Tak Kunjung Membaik

Performa buruk Argentina itu tak kunjung membaik sejak 2017, meski mempunyai materi pemain yang cukup berkualitas. Sebut saja ada Lionel Messi, Angel Di Maria, Mauro Icardi, Sergio Aguero hingga Gonzalo Higuain yang baru saja pensiun.

Namun sayang, silih berganti pemain top itu tak mampu mengangkat performa Argentina bahkan memberi satu gelar pun. Timnas Argentina sempat terseok-seok di kualifikasi Piala Dunia 2018, hingga nyaris gagal lolos.

Pada akhirnya Argentina berhasil tampil di Rusia. Namun kembali menunjukan penampilan buruk di Piala Dunia 2018. Mereka ditahan imbang 1-1 oleh Islandia Baru, dibantai 0-3 oleh Kroasia hingga tersingkir di babak 16 besar oleh Prancis dengan skor 3-4.

Jauh sebelum kegagalan di Piala Dunia, Argentina sempat merasakan tiga kali laga final yakni Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan 2016. Namun tidak ada satupun gelar yang mereka menangkan.