Liga Indonesia

Pelatih Brasil Ini Puji Kualitas Pemain Debutan di Timnas U-23 dan Rekomendasikan Satu Nama Baru

Selasa, 18 Juni 2019 13:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 baru saja menyelesaikan agenda pemusatan latihan di Bali, setelah sebelumnya mengikuti ajang Merlion Cup 2019 di Singapura. Pada dua kesempatan tersebut, ada beberapa pemain baru yang dipanggil pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri.

Salah satu pemain yang mendapat kesempatan emas itu adalah pemain baru Barito Putera, Yakob Sayuri. Namanya mungkin saja terdengar asing bagi pencinta sepak bola nasional, sebab tahun lalu Yakob hanya berkompetisi di Liga 3 zona Papua dan baru menjadi debutan di Timnas U-23 tahun ini.

Namun, kualitas Yakob ternyatanya diakui oleh pelatih asal Brasil, Jacksen F. Tiago. Pria yang merupakan pelatih Barito Putera itu percaya dengan kemampuan Yakob Sayuri, dan hal itu pula yang membuatnya merekrut pesepakbola 21 tahun itu.

"Yakob itu kita datangkan karena dia punya prestasi dan diharapkan lebih baik di Barito. Ia (Yakob) melanjutkan beberapa catatan positif selama tiga tahun terakhir dimana banyak pemain ke Timnas termasuk pelatih juga, jadi ini sumbangan buat sepak bola Indonesia," kata Jaksen.

Musim lalu Yakob Sayuri mencatatkan sepuluh penampilan bersama Persemi Mimika di Liga 3 dan sukses menceploskan 13 gol. Hal itu pula membuat manajemen tertarik merekrut pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap itu.

Selain memuji Yakob Sayuri, Jacksen juga merekomendasikan satu nama untuk Timnas Indonesia U-23 yang tengah mempersiapkan diri ke SEA Games 2019. Mantan pelatih Persipura itu menyebut nama kiper muda, Muhammad Riyandi.

"Saya berharap Riyandi juga dipanggil. Riyandi saat ini sangat luar biasa tidak ada alasan tidak menurunkan dia (bermain di tim utama Barito Putera). Dia pemain masa depan timnas Indonesia, dia latihan luar biasa dan punya jam terbang yang sangat baik dan ini momennya Riyandi," urainya.

Riyandi sejauh ini memang belum mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-23. Pemain kelahiran Jakarta itu sejatinya merupakan andalan Indra Sjafri saat masih menangani Timnas Indonesia U-19.