Liga Indonesia

Prediksi Pertandingan Liga 1 2019: Persela Lamongan vs Persija Jakarta

Kamis, 20 Juni 2019 17:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Indosport.com
Pertandingan Persela Lamongan vs Persija Jakarta. Foto: Grafis: Indosport.com Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pertandingan Persela Lamongan vs Persija Jakarta. Foto: Grafis: Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pekan ke-5 Liga 1 2019 akan mempertemukan dua klub yang masih tertahan di zona degradasi, Persela Lamongan vs Persija Jakarta, Sabtu (22/06/19).

Juara bertahan Persija Jakarta akan mencoba peruntungannya untuk meraih kemenangan perdana di Liga 1 2019 dengan bertandang ke markas Persela Lamongan.

Setali tiga uang seperti Persija, tuan rumah Persela Lamongan juga demikian. Pertandingan nanti akan menjadi kesempatan perdana mereka untuk meraih poin penuh. Setelah tiga laga sebelumnya hanya sekali berujung imbang dan dua sisanya kalah.

Dengan kenyataan di atas, maka bisa diprediksi kemungkinan besar pertandingan nanti akan berjalan imbang. Meski sebagai tuan rumah Persela Lamongan layak sedikit diunggulkan.

Karena bagaimana pun juga Persela Lamongan jelas bukan tim yang mudah di kalahkan di kandangnya sendiri Stadion Surajaya Lamongan.

Musim lalu saja saat juara, Persija Jakarta terbukti tak mampu menjinakan Laskar Joko Tingkir di kandangnya. Kala itu Persija Jakarta harus menyerah dengan skor cukup telak, 2-0. Belum lagi fakta bahwa tiga tahun terakhir Macan Kemayoran selalu tak mampu meraih kemenangan di Stadion Surajaya, Lamongan.

Perjuangan Persija Jakarta di laga kontra Persela Lamongan nanti juga kemungkinan tak akan berjalan mudah buat mereka. Disaat tiga pemain tengah andalannya kemungkinan absen karena berbagai hal.

Ramdani Lestaluhu harus absen setelah mengalami cedera bahu saat membela Timnas Indonesia, Sandi Darma Sute absen karena mendapatkan hukuman komisi disiplin SPSI dan Bruno Matos yang terancam absen usai mengalami cedera lutut.

Hal lain yang juga menjadi meragukan bagi Persija Jakarta adalah bahwa laga berat melawan Persela Lamongan nanti juga merupakan laga perdana pelatih baru mereka Julio Banuelos yang belum sebulan menggantikan Ivan Kolev.

Dengan berbagai perhitungan tersebut, tak akan mengejutkan rasanya jika pertandingan nanti berakhir imbang ataupun jika ada tim yang  menang, kemungkinan itu adalah Persela Laongan dengan skor yang hanya tipis.

Head to Head 5 Laga terakhir Persela Lamongan vs Persija Jakarta

Persija Jakarta 3-0 Persela Lamongan (20/10/18)
Persela Lamongan 2-0  Persija Jakarta (20/05/18)
Persija Jakarta 2-0 Persela Lamongan (27/08/17)
Persela Lamongan 1-0  Persija Jakarta (10/05/17)
Persela Lamongan 1-1 Persija Jakarta (16/09/16)

5 Pertandingan Terakhir Persela Lamongan

Arema FC 3-2 Persela Lamongan (27/05/19).
Persela Lamongan 2-2 Persipura Jayapura (22/05/19)
Persela Lamongan 1-5 Madura United (17/05/19)
Persela Lamongan 1-2 Madura United (31/03/19)
Barito Putera 1-1 Persela Lamongan (13/03/19)

5 Pertandingan Terakhir Persija Jakarta

Bali United 1-0 Persija Jakarta (31/05/19)
PSIS Semarang 2-1 Persija Jakarta (26/05/19)
Barito Putera 1-1 Persija Jakarta (20/05/19)
Persija jakarta 6-1 Shan United (15/05/19)
Persija Jakarta 1-0 Bali United (04/05/19)

Player to Watch

Alex dos Santos (Persela Lamongan)

© Instagram
Alex Goncalves, rekrutan baru Persela pada bursa transfer jelang Liga 1 2019, telah jalani sesi latihan. Copyright: InstagramAlex Goncalves, rekrutan baru Persela pada bursa transfer jelang Liga 1 2019, telah jalani sesi latihan.

Dua gol dalam dua pertandingan yang dimainaknnya, menjadi bukti sahih betapa bahayanya seorang Alex dos Santos.

Kemampuan penyerang asal Brasil itu menjadi layak diwaspadai Persija Jakarta karena bahkan dua golnya itu mampu dilakukannya saat dimainkan sebagai penyerang tunggal di kandang lawan.

Alex memang pernah mendapatkan kartu merah di laga perdananya di Liga 1 2019 saat melawan Madura United. Namun hal tersebut justru bisa dilihat, betapa pemain 29 itu memiliki determinasi tinggi di setiap lagannya buat Arema FC.

Maka dari itu, jika setidaknya ingin membuat Arema FC tak bisa berbuat banyak, Perssija Jakarta harus terlebih dahulu mampu mematikan sosok Alex dos Santos nanti.

Marko Simic (Persija Jakarta)

Jika di kubu Persela ada Alex dos Snatos, di Persija Jakarta ada sosok Marko Simic yang harus sangat diwaspadai di laga nanti.

Kendati tak mencetak gol di dua laga terakhir Persija, naluri Simic sebagai bomber mematikan di muka gawang, tentu bisa muncul kapan saja. Termasuk ketika menghadapi Persela nanti.

Apa lagi jika dirinya mendapatkan sokongan dan umpan-umpan matang dari tandem sejatinya Riko Simanjuntak. Maka jika tak sangat waspada, gawang Persela bis amenjadi korban kedua bomber asal Kroasia itu di Liga 1 2019.

Prakiraan Susunan Pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto; Birrul, Amevor, Arif Satria, Eky Taufik; Hirose, Baasith; Rafinha, Rafael Gomes, Malik Risaldi; Alex dos Santos

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany; Ismed Sofyan, Ryuji, Paulle, Dany Saputra; Tony Sucipto, Fitra, Rohit Chand; Riko, Simic, Novri Setiawan.