Bola Internasional

On This Day: Lionel Messi Jadi Top Skor Sepanjang Masa Timnas Argentina

Jumat, 21 Juni 2019 06:44 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19). Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19).

INDOSPORT.COM – Pada 21 Juni 2016 lalu, Lionel Messi berhasil memecahkan rekor baru dengan mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Argentina.

Sejarah itu diciptakan Messi setelah mencetak satu gol ke gawang Amerika Serikat di babak semifinal Copa America 2016. Satu gol itu memperjelas bahwa Messi mampu menyingkirkan Garbiel Batistuta di daftar top skor sepanjang masa Argentina.

Sekedar informasi, saat itu Argentina berhasil memenangkan pertandingan melawan Amerika Serikat dengan skor telak 4-0. Empat gol itu disarangkan melalui aksi Ezequiel Lavezzi, Messi, dan catatan brace Gonzalo Higuain.

Menariknya, gol yang disarangkan Messi tersebut dihasilkan dengan cara yang sangat indah. Ia mampu berselebrasi setelah melancarkan tendangan bebas pada menit ke-32. Kiper Amerika Serikat saat itu tak mampu membendung sepakan keras Messi.

Berkat satu golnya di pertandingan tersebut, jumlah gol Messi bertambah menjadi 55. Itu sudah cukup bagi dirinya untuk menggeser Batistuta yang hanya mampu mencetak 54 gol dari 78 pertandingan.

Awal Karier Messi di Sepak Bola

Lionel Messi saat masih di Newell

Sebelum berhasil menjadi top skor sepanjang masa Timnas Argentina, Messi lebih dulu memulai kariernya bersama dengan klub local, yakni Newell’s Old Boys. Dirinya terdaftar sebagai pemain tim muda Newell’s Old Boys pada periode 1994-2000.

Tim yang mendapatkan julukan The Lepers tersebut menjadi klub sepak bola profesional pertama dalam karier Messi. Mega bintang Barcelona tersebut berhasil menembus skuat utama klub anak-anak milik Newell’s Old Boys.

Saat itu Messi mampu menyita perhatian banyak orang, khususnya bagi para penggemar Newell’s Old Boys. Sang ayang, Jorge Horacio Messi bahkan sempat mengatakan bahwa banyak pecinta sepak bola yang membeli tiket hanya sekedar menyaksikan Messi kecil berlatih sepak bola.

Sejumlah pendukung Newell’s Old Boys akhirnya menjuluki Messi sebagai El Enano, yang artinya si kerdil. Julukan tersebut diberikan tak terlepas dari postur tubuh Messi yang mungil, namun lincah dan menyulitkan lawan.

Pelatih klub muda Newell’s Old Boys, Carlos Morales sempat memberikan pandangannya terkait kebiasaan Messi di dalam maupun luar lapangan. Ia mengungkapkan bahwa Messi memiliki kepribadian yang pendiam, disiplin dan seorang pendengar yang baik.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk memberikan beberapa aksi Messi kecil saat masih memperkuat Newell’s Old Boys.