Liga Spanyol

Raul Gonzalez Resmi Jadi Pelatih Baru Real Madrid

Jumat, 21 Juni 2019 09:15 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez, resmi ditunjuk menjadi pelatih baru tim Real Madrid Castilla. Copyright: © Getty Images
Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez, resmi ditunjuk menjadi pelatih baru tim Real Madrid Castilla.

INDOSPORT.COM – Penyerang legendaris Ttimnas Spanyol dan Real Madrid, Raul Gonzalez, resmi ditunjuk sebagai pelatih baru tim sepak bola muda Los Blancos, Real Madrid Castilla. Sebelumnya, Raul merupakan pelatih tim junior B di Akademi Real Madrid.

Menjadi pelatih Real Madrid Castilla merupakan tugas baru Raul setelah ia menyelesaikan lisensi kepelatihan UEFA Pro pada akhir Mei lalu. Dengan menggenggam lisensi tersebut, pria yang kini berusia 41 tahun itu sudah bisa menjadi pelatih kepala di klub-klub sepak bola Liga Spanyol.

Meski punya lisensi yang membolehkannya melatih klub LaLiga Spanyol atau kasta teratas kompetisi sepak bola Negeri Matador, namun Raul Gonzalez lebih memilih menerima pekerjaan sebagai pelatih tim muda Real Madrid. Ia akan menjadi nakhoda Real Madrid Castilla yang akan berkompetisi di Segunda B atau kasta ketiga Liga Spanyol.

Kembali ke Real Madrid tentu menjadi momen spesial bagi Raul. Pasalnya, eks pemain kelahiran Madrid itu merupakan salah satu legenda terbesar yang dimiliki oleh klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu tersebut.

Raul memulai karier sepak bolanya di tim Real Madrid C dan B, sebelum akhirnya dipromosikan ke skuat utama Los Blancos pada tahun 1994. Ia berseragam Real Madrid selama 16 musim, dari tahun 1994 hingga 2010.

Selama lebih dari satu dekade membela Real Madrid, Raul tampil dalam 741 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 323 gol. Penyerang yang dikenal dingin di kotak penalti itu sukses mempersembahkan enam gelar LaLiga Spanyol, tiga trofi Liga Champions Eropa, dan satu titel Piala Super Eropa.

Usai meninggalkan Real Madrid di pengujung musim 2009/10, Raul kemudian hijrah ke Bundesliga Jerman dengan menerima pinangan Schalke 04. Ia bermain untuk Schalke selama dua musim dan ikut menyumbang gelar juara Piala Jerman serta Piala Super Jerman kepada klub tersebut.

Setelah itu, Raul Gonzalez sempat bertualang ke Qatar dengan membela klub Al Sadd sebelum pensiun di klub Liga Amerika Utara, New York Cosmos, pada 2015 lalu. Di level internasional, Raul merupakan salah satu penyerang yang disegani di timnas Spanyol. Bersama La Furia Roja, ia tampil dalam 102 pertandingan dan mencatatkan 44 gol.