Liga Indonesia

Dikabarkan Batal ke Persib B, Begini Penjelasan Cucu Mantan Presiden RI

Sabtu, 22 Juni 2019 07:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepak bola muda Indonesia, Rafid Habibie, memberi penjelasan soal kabar yang menyebutkan dirinya batal memperkuat Persib B meski sudah menjalani latihan bersama.

Cucu dari Presiden RI ke-3, BJ Habibie, itu tadinya sempat bergabung dengan latihan Persib B di Lapangan SPOrT Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, namun belakangan Rafid sudah tidak terlihat lagi.

Pelatih Persib B, Liestiadi, menjelaskan alasan Rafid Habibie batal bergabung karena beberapa pertimbangan logis. Manajemen menginginkan memiliki pemain yang sudah jadi untuk mengarungi Liga 2 2019.

Terkait hal tersebut, wonderkid yang pernah berkiprah Serie C Italia itu menjelaskan alasan utama di balik 'pencoretan' dirinya dari skuat Persib B. Rafid mengungkapkan bahwa dia bukannya tidak direkrut oleh Liestiadi.

"Seperti yang coach Liestiadi bilang, cuma masalah di kondisi fisik dan saya juga sekarang sedang menunggu kabar dari klub Eropa," ujar Rafid saat dihubungi awak redaksi olahraga INDOSPORT, Sabtu (22/6/19).

© rafidhabibie/INSTAGRAM
Rafid Habibie, pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri. Copyright: rafidhabibie/INSTAGRAMRafid Habibie, pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Pemain yang pernah dipanggil mengikuti seleksi tim nasional Indonesia U-19 ini menambahkan pihaknya masih belum mengambil keputusan, apakah menyetujui atau menolak bergabung dengan Persib B.

"Karena kondisi fisik saya yang belum siap, sedangkan Minggu (23/6/19) besok Liga 2 2019 sudah mulai bergulir," sambung Rafid.

Kendati demikian, Rafid memuji gaya melatih dari Liestiadi di Persib B. Mantan kepala pelatih Persipura Jayapura (2017) itu memiliki pemikiran sepak bola modern di mata sang pemain.

"Saya sangat senang bisa bekerja sama dengan coach Liestiadi kendati hanya sebentar. Saya suka visi dan cara dia melatih serta melihat sepak bola," pungkas Rafid.

Sekadar mengingatkan, Rafid Habibie pernah membela Santarcangelo Calcio 1926 dan AC Cuneo di Serie C Italia. Dia juga pernah menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon yang notabene salah satu klub terbaik di Liga Portugal penghasil bintang seperti Cristiano Ronaldo.