Bola Internasional

On This Day: Gol Tangan Tuhan Maradona dan Kutukan Piala Dunia Argentina

Sabtu, 22 Juni 2019 14:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini pada 22 Juni tahun 1986 silam, gol tangan tuhan yang dicetak legenda Argentina Diego Maradona berhasil membawa tim Tango melangkah hingga juara Piala Dunia.

Nama Diego Maradona mungkin sudah jarang terdengar bagi para pecinta sepak bola saat ini, namun bagi penggemar si kulit bundar era 90 hingga 2000an, pemain yang terkenal dengan badan gempal serta rambut kritingnya ini sangat sulit untuk di lupakan.

Sejumlah klub besar Eropa dan Amerika Latin pernah ia perkuat, ratusan gol pun sukses ia cetak dengan berbagai klub. Serta berpuluh gelar Individu dan klub berhasil ia bawa pulang.

Namun dari sekian banyak aksi serta gol yang ia cetak, mungkin hanya satu yang selalu diingat bahkan menjadi legenda serta sejarah dalam semua buku sepak bola.

Pada saat itu, tepatnya pada pertandingan babak perempat final Piala Dunia 1986 antara Argentina vs Inggris, sebuah 'Keajaiban' yang masih menjadi legenda diciptakan pemain bertubuh 165 cm ini.

Pada menit ke 51, atau hanya enam menit setelah babak kedua dimulai, Maradona yang mendapat bola mengoper kepada Jorge Valdano dan terus berlari ke daerah penalti Inggris.

Gelandang Inggris, Steve Hodge berusaha menghalau operan tersebut. Namun usaha Hodge malah membuat bola melambung ke daerah penalti.

Maradona dan kiper Inggris Peter Shilton mau tak mau saling beradu untuk mendapatkan bola yang melambung itu. Banyak anggapan jika bola pasti ditangkap Shilton, yang memang memiliki postur lebih besar dan jangkung dari Maradona.

Namun anggapan tersebut salah besar. Saat Shilton hendak meninju bola, Maradona yang berada di depannya ikut melompat dan menyundul bola dengan tangannya. Bola pun masuk, skor berubah menjadi 1-0.

Kontroversial gol tersebut pun seketika meluas di kalangan pengamat, bahkan publik Inggris merasa tak terima dengan kemenangan Argentina di pertandingan itu.

"Gol itu diciptakan dengan sedikit sundulan Maradona dan sedikit tangan Tuhan," demikian ujar Maradona ketika ditanya soal gol fenomenal itu seperti dilansir History.

Meski berhasil menang dan melangkah ke final bahkan menjadi juara di tahun 1986, tampaknya kutukan warga Inggris kepada Argentina berkat gol kontroversial Maradona masih tetap berlangsung sampai saat ini.

Argentina selepas menjuarai Piala Dunia tahun 1986 silam, tak satu kalipun menorehkan hasil serupa setelahnya. Paling jauh mereka hanya melangkah ke final, pada tahun 1990 dan tahun 2014 silam.