Bola Internasional

Sesi Latihan Timnas Nigeria di Piala Afrika 2019 Memakan Korban

Sabtu, 22 Juni 2019 17:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sportskeeda
Sesi latihan Timnas Nigeria jelang laga Piala Afrika kontra Burundi harus diwarnai sedikit insiden. Copyright: © Sportskeeda
Sesi latihan Timnas Nigeria jelang laga Piala Afrika kontra Burundi harus diwarnai sedikit insiden.

INDOSPORT.COM – Pemain sayap Timnas Nigeria, Samuel Kalu, dilaporkan pingsan akibat dehidrasi saat menjalani latihan menjelang turnamen Piala Afrika 2019 melawan Burundi yang akan berlangsung pada hari Minggu (23/06/19).

Dilansir dari laman Sun Sport, Kalu dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan setelah ambruk usai melakukan tendangan pojok dalam sesi permainan internal yang digelar di Alexandria.

Pemain yang juga memperkuat klub asal Prancis, Bordeaux, itu pun menjalani serangkaian pemeriksaan dan didiagnosis telah mengalami dehidrasi.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh kepala media Asosiasi Sepak Bola Nigeria (NFF), Demola Olajire. Ia juga menyarankan Kalu untuk meminum banyak air untuk menjaga cairan tubuh.

“Saya sudah diberitahu bahwa Samuel Kalu sudah stabil. Dia dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa dan dinyatakan baik-baik saja. Kata dokter dia dehidrasi, dia juga diminta untuk mengonsumsi banyak cairan,” kata Olajire.

Terkait kondisi ini, pelatih tim berjuluk Super Eagles, Gernot Rohr, akan mempertimbangkan apakah Kalu akan dimasukkan ke Starting XI melawan Burundi pada laga penyisihan Grup B yang digelar di Stadion Alexandria esok hari.

Turnamen Piala Afrika 2019 memang dilangsungkan ketika benua hitam itu tengah kondisi cuaca panas. Suhu rata-rata pada bulan Juni-Juli diperkirakan mencapai 35 sampai 38 derajat celcius.

Kondisi ini membuat Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) akan mengadakan aturan mirip kompetisi di Indonesia, yakni water break dalam turnamen Piala Afrika 2019 ini.

Nantinya, semua peserta kompetisi Piala Afrika 2019 akan diberikan waktu istirahat untuk water break pada menit ke-30 dan ke-75 untuk mendinginkan tubuh dari cuaca yang sangat panas.