Bola Internasional

Prediksi Piala Afrika 2019 Ghana vs Benin: Incar Tiga Poin Perdana

Senin, 24 Juni 2019 17:01 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Prediksi Ghana vs Benin Copyright: © INDOSPORT
Prediksi Ghana vs Benin

INDOSPORT.COM - Duel seru akan tersaji di laga perdana Grup F Piala Afrika 2019 antara Ghana vs Benin, pada Rabu (26/06/19) malam WIB.

Bermain di Stadion Ismailia, Mesir, kedua tim mengincar kemenangan perdana untuk modal kepercayaan diri di laga selanjutnya. Sebab, di setiap turnamen pertandingan itu cukup menentukan untuk langkah selanjutnya.

Meski keduanya mempunyai kans menang, namun Ghana lebih diunggulkan di atas kertas karena materi pemain yang jauh lebih berkualitas karena banyak dihuni pemain yang merumput di Eropa.

Sebut saja nama-nama seperti Andre Ayew (Fenerbahche), Christian Atsu (Newcastle United), Jordan Ayew (Crystal Palace), dan Kwadwo Asamoah (Inter Milan).

Mereka diharapkan mampu tampil maksimal, karena jadi tulang punggu skuat asuhan Milovan Rajevac untuk bisa berbicara banyak di turnamen terbesar antara negara di Benua Afrika itu.

"Kami datang ke Mesir untuk juara. Karena itu sudah menjadi dambaan semua warga Ghana. Kami sudah 37 tahun tak merasakan jadi yang terbaik di Afrika, meski banyak pemain-pemain berbakat," kata Christian Atsu kepada Goal Internasioanl.

"Jika kami kembali gagal (jadi juara), maka akan ada banyak pemain-pemain hebat yang pensiun,” katanya menambahkan.

Sementara itu di kubu Benin, meski tidak diperkuat pemain bintang, bukan berarti mereka tidak bisa tampil mengejutkan. Benin berpeluang jadi kuda hitam dan batu sandungan di Grup F ini atau untuk tim-tim berpengalaman di turnamen Piala Afrika 2019 ini.

Hal itu sudah dibuktikan dengan persiapan matang yang dilakukan oleh Timnas Benin. Dari dua laga uji coba terakhir, hasilnya cukup memuaskan karena berhasil disapu bersih dengan kemenangan, melawan Mauritania (3-1) dan Guinea 1-0).

Lima Pertandingan Terakhir Ghana

08 Juni 2018: Islandia 2-2 Ghana (Uji Coba)

08 September 2018: Kenya 1-0 Ghana ( Kualifikasi Piala Afrika 2019)

18 November 2018: Ethiopia 0-2 Ghana (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

24 Maret 2019: Ghana 1-0 Kenya (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

15 Juni 2019: Ghana 0-0 Afrika Selatan (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

Lima Pertandingan Terakhir Benin

16 Oktober 2018: Benin 1-0 Aljazair (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

17 November 2018: Gambia 3-1 Benin (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

24 Maret 2019: Benin 2-1 Togo (Kualifikasi Piala Afrika 2019)

12 Juni 2019: Benin 1-0 Guinea (Uji COba)

18 Juni 2019: Benin 3-1 Mauritania (Uji Coba)

Player to Watch

Andre Ayew (Ghana)

© Gettyimages
Caption Copyright: GettyimagesWinger Timnas Ghana, Andre Ayew.

Winger berusia 29 tahun ini pernah tampil memukau di Ligue 1 Prancis, saat bermain di Marseille dari tahun 2010-2015. Hingga membuat sejumlah klub top Eropa kepincut dengan kemampuannya.

Namun sayang konsistensinya perlahan menurun sampai akhirnya terdampar ke klub papan bawah dan papan tengah Liga Primer Inggris.

Musim ini, Ayew bermain di Liga Turki bersama Fenerbahce dan sudah memainkan 29 pertandingan, mencetak 5 gol musim lalu.

Pengalaman dan kemampuannya, akan sangat dibutuhkan Timnas Ghana saat melawan Benin nanti. Dia bisa jadi senjata alternatif memecah kebuntuan, jika striker utama Jordan Ayew mengalami deadlock.

Steve Mounie (Benin)

© citizentv.co.ke
Penyerang Timnas Benin, Steve Mounie saat merayakan selebrasi. Copyright: citizentv.co.kePenyerang Timnas Benin, Steve Mounie saat merayakan selebrasi.

Meski Ghana dihuni sejumlah pemain dunia ternama yang berkarier di Eropa, begitu juga halnya dengan Benin. Mereka punya penyerang berbahaya bernama Steve Mounie yang kini berkarier di Liga Primer Inggris membela Huddersfield.

Penyerang berusia 24 tahun itu bisa jadi momok menakutkan para bek Ghana, karena ketajamannya di dalam kotak penalti lawan.

Hal itu sudah dibuktikan saat mencetak hattrick ke gawang Mauritania di laga uji coba, dalam kemenangan Benin 3-1 pada Selasa (18/06/19) lalu.

Prediksi Susunan Pemain

Ghana (4-4-2)
Richard Ofori; Thomas, John Boye, Kasim Adams, Lumor; Kwadwo Asamoah, Alhasan Wakaso, Christian Atsu, Andre Ayew; Emmanuel Boateng, Jordan Ayew.

Benin (5-4-1)
Farnolle; Baraze Guero, Moise Adilehou, Khaled Adenon, Olivier Verdon, David Kiki; Jordan Adeoti, Mama Seibou; Mickael Pote, Cebio Soukou; Steve Mounie.

Prediksi INDOSPORT:

Ghana 1-0 Benin