Liga Inggris

Rafael Benitez Resmi Tinggalkan Newcastle United, Kembali ke Chelsea?

Senin, 24 Juni 2019 21:25 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COMRafael Benitez dipastikan akan meninggalkan Newcastle United usai kontraknya habis pada 20 Juni 2019 mendatang. Manajer asal Spanyol ini hengkang setelah membawa The Magpies mengakhiri Liga Inggris musim 2018/19 di peringkat ke-13.

Dilansir dari situs BBC, Newcastle telah berupaya memperpanjang kontrak manajer yang membawa Liverpool menjuarai Liga Champions pada 2005 tersebut. Namun, usaha pihak manajemen klub tak berhasil dan Newcastle harus segera mencari penggantinya dalam waktu dekat.

Benitez menangani Newcastle United sejak Maret 2016. Usai ditunjuk sebagai pengganti Steve McClaren pada 10 laga terakhir, ia berhasil menyelamatkan The Magpies dari jerat degradasi dengan selisih satu poin.

Ia membawa Newcastle bertahan dengan skuat yang ‘seadanya’ hingga saat ini. Bermodalkan pemain yang mayoritas serupa kala pertama kali menjabat, Benitez menyulap Ayoze Perez dkk. menjadi tim yang solid.

Sementara itu, masa depan Benitez sendiri saat ini belum jelas. Ia dikabarkan menerima tawaran kontrak sebesar 12 juta poundsterling (217 miliar rupiah) per tahun dari salah satu klub di kompetisi sepak bola China, Dalian Yifang.

Namun, ia diperkirakan akan melanjutkan kariernya di Eropa. Pelatih berusia 59 tahun ini berpeluang besar kembali menangani Chelsea usai didepak pada musim panas 2013. Benitez merupakan salah satu manajer sukses The Blues yang mempersembahkan gelar Liga Europa pada musim 2012/13.

Chelsea sendiri memiliki kebiasaan dengan menunjuk manajer yang terbukti pernah meraih trofi bergengsi Eropa. Jika Roman Abramovich berminat mendatangkannya, Benitez kemungkinan akan mendapatkan kontrak setidaknya dua musim.