Bola Internasional

Premier League Pimpin Daftar Liga dengan Rata-rata Gaji Pemain Tertinggi

Selasa, 25 Juni 2019 17:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COMPremier League memimpin daftar liga sepak bola dengan rata-rata gaji tertinggi di dunia pada musim 2018 menurut Sporting Intelligence.

Sporting Intelligence merilis Laporan Survei Gaji Olahraga Global tahunan terbaru, di mana lima gaji tertinggi masih didominasi oleh lima liga papan atas Eropa.

Di urutan pertama, Liga Primer Inggris meraup gaji rata-rata senilai 3,94 juta dolar AS (Rp55 miliar) per tahun di mana pendapatan ini menjadi yang tertinggi di antara liga-liga lainnya di seluruh dunia.

Menyadur dari laman ECNS, LaLiga Spanyol (Rp40 miliar), Serie A Italia (Rp28 miliar), Bundesliga Jerman (Rp25 miliar), dan Ligue 1 Prancis (Rp18 miliar) membututi di belakang Premier League.

Namun, tim yang paling banyak menghabiskan gaji tahunan rata-rata untuk para pemain ialah Barcelona dan Real Madrid. Dua klub raksasa LaLiga tersebut memiliki investor dengan gaji dua pemain teratas pada tahun 2018.

Keduanya masing-masing membayar uang tunai senilai 13,8 juta dolar AS (Rp194 miliar) dan 10,7 juta dolar AS (Rp150 miliar) kepada para pemainnya sebagai gaji tahunan.

Juventus juga menyusul diurutan ketiga dengan memberikan gaji sebesar 8,9 juta dolar AS (Rp125 miliar) dan Manchester United membuntuti dengan nilai 8,6 juta dolar AS (Rp121 miliar).