Liga Indonesia

Bhayangkara FC Tukar Status Kandang Dengan Persib Bandung

Rabu, 26 Juni 2019 13:16 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Riki Ilham Rafle/INDOSPORT
Yeyen Tumena mengatakan laga Bhayangkara vs Persib diubah menjadi pertandingan tandang. Copyright: © Riki Ilham Rafle/INDOSPORT
Yeyen Tumena mengatakan laga Bhayangkara vs Persib diubah menjadi pertandingan tandang.

INDOSPORT.COM - Disebabkan kendala izin keamanan dari Polda Metro Jaya pada laga kandang Bhayangkara FC menjamu Persib Bandung yang akan diselenggarakan pada Minggu (30/06/19), The Guardian (julukan Bhayangkara FC) harus rela bertukar status dengan Persib Bandung yang akan menjadi tuan rumah pada laga tersebut.

Kepastian terkait hal ini didapat lewat surat nomor 200/LIB/VI/2019. Dalam surat tertanggal 25 Juni 2019 itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengabulkan permohonan Bhayangkara FC untuk mengubah status tuan rumah menjadi Persib Bandung.

Tidak hanya itu, jadwal pertandingan tersebut juga diubah menjadi 30 Juni 2019 yang dimulai pukul 15.30 WIB usai berkoordinasi dengan Host Broadcaster yang sejalan dengan izin yang diberikan Polres Bandung.

"Mereka (Persib Bandung) memahami kondisi yang kami alami sehingga bersedia untuk menjadi tuan rumah untuk pertemuan pertama kami pada musim ini," ujar Yeyen Tumena, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Bhayangkara FC.

Sebelumnya, Panpel Bhayangkara FC mengaku sudah berupaya agar laga itu berjalan sesuai jadwal awal dengan cara mengajukan Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat sebagai alternatif lokasi penyelenggaraan laga melawan Persib Bandung.

Namun sayangnya, permohonan izin keramaian Bhayangkara FC tetap mendapat penolakan. Keputusan itu disampaikan lewat surat nomor B/997/VI/PAM.3.3./2019/Restro Bks yang disampaikan oleh Polres Metro Bekasi pada  21 Juni 2019.

"Bahkan kami kan juga sudah berkomunikasi dengan Polda Metro Jaya yang membawahi Polres Metro Bekasi namun hasilnya tetap sama," tutur Yeyen.

Dalam suratnya, Polres Metro Bekasi menyampaikan alasan penolakannya terhadap permintaan Bhayangkara FC,  yakni pada 30 Juni 2019 masih berlangsung kegiatan pengamanan pasca keputusan Mahkamah konstitusi terkait Pilpres dan kerawanan dari pendukung Persib Bandung yang ada di Kab. Bekasi.

Maka pada Minggu (23/06/19) Panpel Bhayangkara FC mengajukan pengalihan laga kandang Liga 1 2019, Bhayangkara FC vs Persib Bandung menjadi laga tandang.