Bursa Transfer

Tukar 2 Kipernya, Barcelona dan Valencia Mencoba Siasati Aturan FFP

Rabu, 26 Juni 2019 13:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Kiper Barcelona, Jasper Cillessen, akan ditukar dengan Neto pada bursa transfer musim panas 2019. Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images. Copyright: © Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Kiper Barcelona, Jasper Cillessen, akan ditukar dengan Neto pada bursa transfer musim panas 2019. Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Dua klub Liga Spanyol, Barcelona dan Valencia, mencoba mengakali sanksi Financial Fair Play (FFP) ketika melakukan pertukaran dua penjaga gawang, Jasper Cillessen dan Neto.

Jasper Cillessen memutuskan pergi dari Barcelona setelah membela raksasa Catalunya itu sejak 2016 silam. Kiper asal Belanda ini dilaporkan tengah menjalani tes medis sebelum resmi bergabung dengan Valencia.

Sebagai gantinya, Barcelona juga akan mendapatkan jasa kiper Valencia, Neto, sebagai bagian dari kesepakatan di bursa transfer musim panas kali ini.

Dilansir dari laman Sport Mirror, kedua pemain itu akan dihargai masing-masing 30 juta euro atau setara Rp483 miliar. Namun, kedua klub memutuskan akan melakukan proses barter itu dalam waktu yang berbeda untuk menghindari sanksi FFP.

Neto akan bergabung dengan Barcelona pada di akhir fiskal musim 2018/19, atau tepatnya 30 Juni, sedangkan Cillessen baru akan diresmikan oleh Valencia tepat sehari sesudahnya, yakni 1 Juli ketika buku keuangan musim 2019/20 dimulai.

Perbedaan waktu transfer pemain ini dilakukan untuk mempermudah Valencia melakukan pembayaran mahar di akhir musim. Artinya, Barcelona akan mendapat tambahan dana untuk musim berikutnya.

Cillessen sendiri kerap menjadi kiper pelapis Marc-Andre ter Stegen di Camp Nou. Ironisnya, dia justru bermain di final Copa del Rey ketika Barcelona ditaklukkan Valencia dengan skor 1-2 pada Mei lalu.

Pemain berusia 30 tahun itu hanya mencatat lima kali tampil di kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol selama tiga musim terakhir untuk Blaugrana.

Sementara itu, Neto yang kerap tampil di skuat utama Valencia selama dua musim terakhir, akan bergabung dengan Barcelona sebagai pesaing Ter Stegen.

Neto akan menjadi pemain ketiga yang direkrut kubu besutan Ernesto Valverde, setelah mereka mendatangkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam dan Emerson dari Atletico Mineiro.