Bola Internasional

5 Pesepakbola Top Ini Pindah ke Liga China saat Usia Produktif

Kamis, 27 Juni 2019 16:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© newsweek.com
Oscar bermain untuk klub China, Shanghai SIPG. Copyright: © newsweek.com
Oscar bermain untuk klub China, Shanghai SIPG.

INDOSPORT. COM - Sejarah sepak bola pernah mencatat ada beberapa pemain top yang memutuskan hijrah ke Liga China saat masih berusia produktif.

Kisah teranyar terjadi pada bintang asal Italia, Stephan El Shaarawy. Pemain berusia 26 tahun tersebut belakangan santer dikabarkan akan hijrah ke Liga China.

Bahkan, menurut laporan Football Italia, El Shaarawy telah menerima pinangan klub raksasa Liga China, Shanghai Shenhua. El Shaarawy kabarnya akan dikontrak dengan bayaran 13 juta euro atau sekitar Rp209 miliar.

Keputusan El Shaarawy pindah ke Liga China sejatinya memunculkan tanda tanya. El Shaarawy yang musim lalu berseragam AS Roma, peformanya cukup lumayan dengan torehan 11 gol dari 28 laga di Serie A Italia.

Kisah pemain top yang masih berusia produktif dan pindah ke Liga China, ternyata bukan kali ini saja. Sebelumnya telah ada pemain-pemain serupa yang tergiur dengan tawaran gaji melimpah dari Liga China.

Siapa saja para pemain yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT.com coba mengulasnya ke dalam rangkuman singkat berikut ini.

Alex Teixeira

© STR/AFP/Getty Images
Selebrasi Alex Teixeira bersama klub barunya, Jiangsu Suning Copyright: STR/AFP/Getty ImagesSelebrasi Alex Teixeira bersama klub barunya, Jiangsu Suning

Alex Teixeira pindah ke Liga China pada tahun 2016 lalu. Ia hijrah menuju Jiangsu Suning setelah bersinar bersama klub Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Keputusan Alex tersebut sejatinya menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, kala itu Alex masih berusia 26 tahun dan sedang memiliki karier cemerlang.

Bayangkan saja, sebelum pindah ke China, Alex mampu tampil tajam di Liga Utama Ukraina dengan torehan 22 gol dari 15 laga. Alex juga mendapat tawaran dari klub-klub top Eropa lainnya, namun ia malah menerima tawaran dari klub Liga China.

Jackson Martinez

© Getty Images
Mantan pemain Atletico Madrid, Jackson Martinez. Copyright: Getty ImagesMantan pemain Atletico Madrid, Jackson Martinez.

Penyerang berkebangsaan Colombia ini pindah ke Liga China pada tahun 2016 lalu. Ia pindah menuju Guangzhou Evergrande setelah membela raksasa Spanyol, Atletico Madrid.

Martinez pindah ke Liga China di saat usianya masih 29 tahun. Ia bahkan pergi ketika baru semusim membela Atletico Madrid.

Padahal, Martinez kala itu sedang tenar sebagai salah satu penyerang top di level sepak bola Eropa setelah bersinar bersama FC Porto. Namun lihatlah kini, nama Martinez kian meredup.