Bola Internasional

Detik-detik Penalti Brasil Dibarter Kartu Merah Pada Perempat Final Copa America 2019

Jumat, 28 Juni 2019 11:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© Lucas Uebel/Getty Images
Wasit Roberto Tobar Vargas memberikan kartu merah kepada Fabian Balbuena di Arena do Gremio (28/6/19). Lucas Uebel/Getty Images Copyright: © Lucas Uebel/Getty Images
Wasit Roberto Tobar Vargas memberikan kartu merah kepada Fabian Balbuena di Arena do Gremio (28/6/19). Lucas Uebel/Getty Images

INDOSPORT.COM - Kemenangan Brasil atas Paraguay di perempat final Copa America 2019 sempat diwarnai 'barter' penalti dengan kartu merah oleh wasit.

Brasil memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke semifinal Copa America 2019 usai menyingkirkan Paraguay via drama adu penalti 4-3, Jumat (28/6/19) pagi WIB.

Meski akhirnya menang, Brasil sempat mengalami kesulitan luar biasa untuk mendobrak pertahanan rapat Paraguay. Dewi Fortuna seakan tak berpihak ke Brasil seiring gagalnya sjumlah peluang emas yang didapat pada babak pertama dan kedua.

Ketidakberpihakan Dewi Fortuna semakin terlihat pada menit ke-54, yakni saat Brasil yang seharusnya mendapat hadiah penalti dari wasit harus gigit jari. Keputusan penalti itu justru ditarik kembali oleh sang pengadil lapangan.

Wasit sempat menunjuk titik putih setelah Roberto Firmino dijatuhkan Fabian Balbuena, tapi belakangan mengubah keputusan setelah akhirnya melihat tayangan VAR (video assitant refree).

Dengan bantuan VAR, wasit menilai bahwa pelanggaran yang terjadi berada di luar kotak penalti sehingga hanya berbuah tendangan bebas untuk didapat Brasil.

Menariknya, meski mengalami kesialan gagal kebagian penalti, Brasil justru mendapatkan hadiah lain berupa dikartu merahnya pemain Paraguay, Fabian Balbuena. Sebelum melihat VAR, Balbuena bebas begitu saja dari kartu usai melanggar Firmino.

Dua keputusan wasit yang seakan menjadi barter itu pada akhirnya masih bisa diperdebatan hingga kini, tapi yang jelas itu semua sudah tak akan berarti apa-apa karena tiket semifinal sudah ada dalam genggaman Dani Alves dkk.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%