Liga Indonesia

Bayu Gatra, Winger Anyar yang Masih Layak Jadi Starter PSM Makassar

Sabtu, 29 Juni 2019 16:50 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Bayu Gatra berusaha kawal ketat pemain PSIS Semarang Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Bayu Gatra berusaha kawal ketat pemain PSIS Semarang

INDOSPORT.COM - PSM Makassar mendatangkan pemain sayap baru musim ini. Dialah Bayu Gatra Sanggiawan yang dibajak Juku Eja dari Madura United bersama empat nama lain, yakni Herry Prasetyo (kiper), Beny Wahyudi, dan Munhar, plus Taufik Hidayat dari Bali United.

Tentu saja, dari lima pemain yang didatangkan tersebut nama Bayu Gatra digadang-gadang bakal paling bersinar bersama PSM. Selain pengalaman segudang, dia bersama Taufik saat ini berada pada usia emas seorang pesepakbola, yakni 26 tahun. 

Selama ini, pos sayap kanan memang menjadi salah satu kelemahan PSM Makassar, setidaknya dalam dua musim terakhir. Seiring berjalannya waktu, ekspektasi terhadap pemain berlabel tim nasional Indonesia perlahan meredup. 

Justru Beny dan Taufik menjadi rekrutan lokal yang paling bersinar hingga saat ini. Bayu Gatra belakangan kalah bersaing dari Zulham Zamrun, pemain sayap kanan yang telah bergabung sejak putaran kedua Liga 1 2017.

Sama-sama berlabel timnas, Zulham yang menemukan performa terbaiknya di bawah tangan dingin pelatih Darije Kalezic menjadi pilihan utama di pos sayap kanan. Sementara Bayu justru kesulitan beradaptasi ditambah beberapa kali dibekap cedera.

Musim ini, PSM Makassar telah memainkan 20 laga, dengan perincian delapan di Piala AFC 2019, enam di Kratingdaeng Piala Indonesia, dan tiga di Shopee Liga 1 2019 dan Piala Presiden 2019.

Minim Menit Bermain

Bayu memang telah dimainkan 11 kali dalam 20 pertandingan tersebut, namun ia baru lima kali dimainkan sejak menit awal dan hanya dua kali bermain 90 menit penuh ketika melawan Perseru Serui di babak 16 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia dan Lao Toyota FC (fase grup Piala AFC 2019).

Pemain berpostur 1,68 meter ini baru melahap 528 menit bermain, dengan perincian tiga laga di Piala Presiden, tiga di Piala AFC 2019, empat di Kratingdaeng Piala Indonesia, dan baru sekali di Shopee Liga 1 2019.

Terbaru, Bayu Gatra bahkan tidak dimainkan pada tiga pertandingan terakhir PSM Makassar. Padahal banyak suporter berharap dia bermain dalam leg kedua semifinal Piala AFC 2019 zona ASEAN melawan Becamex Binh Duong. 

Di luar itu semua, performa Bayu Gatra sebenarnya tidak terlalu buruk sebagai pelapis. Ia telah mencetak dua gol plus lima assist untuk PSM Makassar di semua ajang yang diikuti.