Liga Indonesia

Eks Pelatih Sriwijaya FC Ini Paling Berjasa Bagi Karier Wonderkid Klub Kroasia

Minggu, 30 Juni 2019 18:56 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gelandang muda asal Indonesia, Muhammad Hambali Tholib, tengah naik daun. Bersinar bersama Persela Lamongan, Hambali mengadu nasib ke Eropa memperkuat tim Kroasia, NK Lokomotiva Zagreb.

Hambali tadinya tak begitu di kenal di kancah sepak bola Indonesia. Ia merupakan pemain jebolan ragunan. Mantan pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, yang pertama kali memberikan ia jalan menuju tim profesional. 

Subangkit memboyong Hambali untuk memperkuat Sriwijaya FC U-19 di awal musim 2018. Pada putaran pertama Liga 1 musim lalu berakhir, Subangkit ditunjuk sebagai pelatih Laskar Wong Kito senior. 

Ia pun akhirnya membawa Hambali dan beberapa pemain Sriwijaya FC U-19 naik ke senior. Hijrahnya Makan Konate ke Persib Bandung dan Adam Alis ke Bhayangkara FC menjadi berkah bagi Hambali di Laskar Wong Kito. 

Ia pun langsung masuk tim inti, tanpa ada saingan. Teknik Hambali dan kecerdasannya sebagai gelandang pengatur serangan sudah sangat terasa. Ia mampu menjadi motor serangan Laskar Wong Kito kala itu. 

Kariernya pun melejit sampai penghujung kompetisi. Masalah finansial dan transisi dalam tubuh manajemen, membuat bursa transfer pemain Laskar Wong Kito terbilang cukup lambat. 

Turun kasta ke Liga 2 membuat Sriwijaya FC pun akhirnya dirasa kurang seksi, sehingga bagi pemain yang masih diminati tim Liga 1, akhirnya memilih pindah ke tim lain. Termasuk Hambali yang dipinang Persela Lamongan. 

Pemain jebolan Ragunan ini semakin bersinar, hingga akhirnya ia memperkuat tim Kroasia. 

Subangkit yang kini menjadi pelatih Persiku Kudus buka-bukaan soal talenta Hambali. Pelatih yang kerap disapa Caksu itu menyebut, jika Hambali adalah pemain berbakat. Meski postur tubuh terbilang pendek tapi dia punya kelebihan yang tak dimiliki banyak pemain. 

"Skill bolanya bagus, dia punya kecepatan dan punya misi bermain," ucap Subangkit kepada INDOSPORT.com, Minggu (30/06/19). 

Bermain sebagai gelandang, Hambali memiliki kemampuan dalam melepas umpan-umpan terukur kepada pemain depan. 

"Dengan kemampuan dribbling yang ia punya. Hambali bisa melewati pemain lawan," sambungnya. 

Caksu pun membuka kemampuan lain dari Hambali Tholib, yakni soal melakukan set piece. Hambali pemain kidal, ia sebenarnya bisa jadi alternatif bagi tim yang ia bela untuk menjadi eksekutor tendangan bebas.