Liga Indonesia

Cetak Sejarah Bersama Persija, Bambang Pamungkas Terima Ucapan Spesial dari PSSI

Minggu, 30 Juni 2019 20:12 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Bambang Pamungkas usai menjebol gawang Borneo FC di pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (29/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Bambang Pamungkas usai menjebol gawang Borneo FC di pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (29/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Bambang Pamungkas berhasil mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah Persija Jakarta usai mencetak satu gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan leg pertama semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia, Sabtu (29/6/19).

Berkat tambahan satu gol tersebut, Bambang kini telah mencetak 200 gol bagi Persija. Catatan tersebut semakin menegaskan pemain berusia 39 tahun itu sebagai salah satu legenda terbesar dalam sejarah klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Keberhasilan Bambang Pamungkas mencatatkan gol ke-200 bagi Persija membuat banyak pihak menyampaikan rasa hormat padanya.

Setelah sebelumnya Konfederasi Sepak Bola Asia mengakui kehebatan Bambang, kali ini giliran induk sepak bola Indonesia atau PSSI yang memberikan ucapan spesial pada pemain yang identik dengan nomor 20 tersebut.

Melalui akun Twitter resmi milik PSSI, mereka mengucapkan selamat atas pencapaian Bambang Pamungkas bersama Persija.

Bambang Pamungkas berhasil mencatatkan 200 gol setelah membela Macan Kemayoran dalam empat periode sejak tahun 1999. Penyerang kelahiran Semarang itu mencetak gol pertamanya bersama Persija pada laga menghadapi PSDS Deli Serdang pada kompetisi Liga Indonesia musim 1999/2000.

Pada musim itu pula Bambang berhasil mencetak 24 gol. Sempat membela klub Liga Belanda, EHC Norad, ia kemudian kembali ke Persija dan membela Macan Kemayoran dari tahun 2000 hingga 2005.

Pada periode keduanya berseragam Persija, Bambang berhasil mencetak 56 gol dari 96 penampilan. Setelah itu, untuk kedua kalinya ia meninggalkan Macan Kemayoran dengan hijrah ke klub Liga Super Malaysia, Selangor FA.

Setelah dua musim bermain di Malaysia, Bambang kembali lagi ke pelukan Persija. Di periode ketiganya, ia berhasil mempersembahkan 78 gol untuk Macan Kemayoran.

Sempat semusim bermain untuk klub Pelita Banduhg Raya pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013/14, Bambang kemudian kembali ke Persija dan menjalani periode keempatnya membela klub asal Ibu Kota tersebut.

Di periode keempatnya inilah Bambang Pamungkas berhasil membuat sejarah dengan mencetak golnya yang ke-200 bagi Persija Jakarta di semua kompetisi.