Liga Indonesia

Detik-detik Aksi Oknum Aremania yang Mengundang Sanksi Komdis PSSI

Minggu, 30 Juni 2019 01:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT/Ian Setiawan.
Oknum Aremania masuk kedalam lapangan usai laga Arema FC vs Tira Persikabo di Liga 1 2019, Sabtu (29/06/19).INDOSPORT/Ian Setiawan. Copyright: © INDOSPORT/Ian Setiawan.
Oknum Aremania masuk kedalam lapangan usai laga Arema FC vs Tira Persikabo di Liga 1 2019, Sabtu (29/06/19).INDOSPORT/Ian Setiawan.

INDOSPORT.COM – Beberapa oknum Aremania melakukan aksi kurang terpuji pada pertandingan Liga 1 2019 yang mempertemukan Arema FC vs Tira Persikabo, Sabtu (29/06/19).

Aksi tersebut dilakukan oknum Aremania setelah pertandingan pekan ke-6 Liga 1 2019 tersebut berakhir. Sebagian dari mereka mulai membanjiri lapangan Stadion Gajayana Malang.

Disinyalir, sejumlah oknum Aremania itu kecewa dengan kekalahan yang diterima tim kesayangannya. Seperti yang diketahui Arema menyerah 1-2 di tangan Tira Persikabo.

Kekalahan itu mereka terima setelah Osas Saha (26’) dan Lousie Essengue Eloumo Parfait (90+3’) mencetak gol pada laga tersebut. Sedangkan Arema hanya memperkecilnya lewat aksi Makan Konate (78’).

Beruntungnya, ulah itu berhasil diredam secara cepat oleh match Steward yang bertugas. Jika dilihat pada video kedua, oknum Aremania terlihat tertangkap oleh petugas pertandingan.

Tak pelak, aksi negatif suporter tersebut bisa berimbas pada jatuhnya sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sesuai dengan Kode Disiplin PSSI, klub akan didenda Rp30 juta setiap satu orang yang memasuki lapangan.

Sedangkan, denda Rp50 juta akan diberikan Komdis PSSI kepada klub jika ada dua sampai lima orang yang membanjiri lapangan tanpa seizin rangkat pertandingan Liga 1 2019.

Arema sendiri sudah mengalami keruguan hingga Rp125 juta atas dua pelanggaran yang mereka lakukan atas insiden kerusuhan suporter di markas PSS Sleman, dan penyalaan flare di laga melawan Persela Lamongan.