Bola Internasional

Stina Blackstenius, Viking Wanita Penentu Langkah Swedia ke Semifinal Piala Dunia

Minggu, 30 Juni 2019 11:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© twitter.com/OptaJoe
Stina Blackstenius, pemain sepak bola Timnas Wanita Swedia Copyright: © twitter.com/OptaJoe
Stina Blackstenius, pemain sepak bola Timnas Wanita Swedia

INDOSPORT.COM - Berikut profil serta rekam jejak Stina Blackstenius, Prajurit Viking yang menjadi penentu langkah Swedia ke semifinal Piala Dunia Wanita 2019.

Bertanding di Stadion Roazhon Park, Perancic, tim nasional wanita Swedia bertemu dengan lawan sulit. Mereka harus menghadapi Jerman dalam laga perempat final, Sabtu (29/6/19) kemarin.

Berstatus sebagai juara dunia dua kali, Jerman berhasil mendominasi bahkan mampu unggul lebih dulu dari Swedia pada menit ke-16 melalui aksi Lina Magull.

Namun, berkat semangat juang yang tak pernah henti khas Bangsa Viking, Swedia berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan Sofia Jakobsson dan menutup babak pertama dengan skor sama kuat 1-1.

Swedia akhirnya memastikan kemenangan setelah Stina Blackstenius menjadi pahlawan dengan mencetak gol penentu langkah Swedia ke babak semifinal.

Berawal dari tandukan Rolfo yang berhasil dimentahkan dengan baik oleh kiper Jerman, namun bola muntahan malah jatuh di kaki Blackstenius, dan dengan sigap langsung diceploskan ke gawang dari jarak dekat.

Dengan kekalahan dari Swedia di babak perempat final Piala Dunia 2019, membuat Jerman dipastikan kandas sekaligus gagal meraih tiket ke Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo.

Hal tersebut cukup ironis, sebab timnas Jerman merupakan juara bertahan alias peraih medali emas pada Olimpiade 2016 lalu yang berlangsung di Brasil.

Kembali ke timnas Swedia, keberhasilan The Blagult alias Si Biru-Kuning melangkah ke partai semifinal sedikit banyak berkat kehadiran Stina Blackstenius yang mampu tampil ganas setidaknya dalam dua pertandingan fase gugur.

Tercatat pemain berusia 23 tahun ini selalu mencetak gol di dua pertandingan terakhir babak 16 besar dan perempat final. Statistik Opta Sport menyebutkan Blackstenius sebagai pemain Swedia kedua yang berturut-turut menjebol gawang lawan di fase gugur Piala Dunia Wanita setelah Lena Videkull (1991).

Sebelumnya mencetak gol di perempat final, pemain dari klub Linkoping FC ini juga berhasil mencetak gol tunggal sekaligus penentu kemenangan Swedia di babak 16 besar saat berhadapan dengan Kanada.

Usai memastikan diri ke babak semifinal, timnas Swedia masih harus berjuang keras lantaran sudah ditunggu Belanda yang sebelumnya sukses mengkandaskan Italia dengan skor meyakinkan 2-0.