Bola Internasional

Meski Tersingkir dari Piala AFC 2019, PSM Makassar Tetap Raih Prestasi Membanggakan

Senin, 1 Juli 2019 17:56 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meski gagal lolos ke babak final Piala AFC 2019 usai kalah agresivitas gol dari Becamex Binh Duong, Rabu (26/06/19) lalu, PSM Makassar tetap meraih prestasi membanggakan. 

Dilansir laman berita olahraga Fox Sports Asia, PSM berhasil naik peringkat dalam daftar peringkat klub AFC. Tidak tanggung-tanggung, skuat Darije Kalezic berhasil naik enam peringkat dari posisi mereka sebelumnya.

PSM berhasil meraih posisi 103 dari posisi awal yakni 109. Keberhasilan ini sendiri merupakan buah hasil kerja keras mereka karena berhasil mencapai babak semifinal Piala AFC 2019.

Berhasil naik peringkat membuat Marc Klok dkk berhasil menyalip beberapa klub besar di benua Asia. PSM berhasil mengalahkan klub asal Malaysia, Selangor FC, dan klub asal Arab Saudi, Al Ahli Saudi FC.

© Fox Sports Asia/Footy Rankings
PSM Makassar naik tiga peringkat meski gagal ke final Piala AFC 2019. Copyright: Fox Sports Asia/Footy RankingsPSM Makassar naik tiga peringkat meski gagal ke final Piala AFC 2019.

Kedua klub ini rupanya memiliki prestasi yang dibilang cukup hebat. Selangor FA sempat meraih kemenangan treble (tiga kemenangan sekaligus di tahun yang sama) pada 2005. Sementara itu, Al-Ahli sempat memenangkan 9 gelar kejuaraan profesional dan 13 King Cups.

Melewati dua klub dengan prestasi yang banyak itu tentu membuat PSM Makassar patut berbangga. Pasalnya terhitung hingga saat ini Juku Eja hanya mampu meraih enam trofi dalam keseluruhan liga domestik, terhitung dari tahun 1957-2000.

Gagal di babak semifinal Piala AFC 2019 nampaknya sudah cukup terobati dengan pencapaian ini. Tak heran hasil akhir mampu melewati klub-klub besar negara tetangga bisa menjadi motivasi baru bagi klub sepak bola Indonesia asal Makassar itu.

3