Liga Indonesia

Panggil Pemain Timnas U-19 Lebih dari Kuota, Ini Tujuan Fakhri Husaini

Senin, 1 Juli 2019 20:11 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Isman Fadil
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Terdapat 33 pemain yang dipanggil oleh Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-19, untuk menjalani pemusatan latihan (training center) tahap akhir yang dimulai pada hari ini, Senin (01/07/19) hingga Jumat (02/08/19) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Ditemui usai melatih, Fakhri pun menjelaskan terkait bagaimana proses pemilihan pemain pada sesi penting kali ini. 

"Sudah bukan seleksi seperti kemarin lagi ya, tetapi sudah masuk sesi pemusatan latihan atau TC," kata Fakhri kepada INDOSPORT.com, Senin (01/07/19).

"Nantinya, kami hanya akan memilih 23 pemain terbaik yang mana sesuai aturan. Hanya saja, saya perlu panggil 33 pemain karena agar ada kompetisi saja antarpemain dan mereka harus bersaing dulu untuk mendapatkan tempat tersebut," sambungnya.

Meski begitu, Fakhri tidak memungkiri bahwa pemusatan latihan ini akan terasa seperti seleksi kembali untuk para pemain. 

"Ya bisa (disebut begitu), ini TC rasa seleksi," imbuhnya sambil tertawa. 

Pada hari pertama ini, juru taktik kelahiran 27 Juli 1965 ini berfokus untuk melatih dan menguji kebugaran dari para pemain. 

"Hari ini tes fisik ya, menguji kecepatan, kebugaran, daya tahan aerobik, dan kecepatan. Kami juga bekerja sama dengan teman-teman dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) karena mereka punya perangkat dan tim pengujinya,"

"Saya belum dapat hasilnya ya, tetapi menurut saya kondisi kebugaran mereka cukup baik, yang paling penting tidak ada pemain yang tidak mengikuti test ini dan mereka bisa melewatinya dengan baik dan tidak gagal di tengah jalan," jelas pelatih asal Lhokseumawe ini. 

Pemusatan latihan ini akan dilakukan selama satu bulan penuh sebelum berangkat ke Vietnam pada 2 Agustus 2019 untuk mengikuti Piala AFF U-18 yang berlangsung pada 4-18 Agustus 2019 di Vietnam.