Liga Inggris

Aaron Wan-Bissaka dan Tradisi Apik Bek Sayap Kanan Inggris di Manchester United

Senin, 1 Juli 2019 14:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© TF-Images/Getty Images/INDOSPORT
Aaron Wan-Bissaka dan logo Man United Copyright: © TF-Images/Getty Images/INDOSPORT
Aaron Wan-Bissaka dan logo Man United

INDOSPORT. COM - Aaron Wan-Bissaka sepertinya akan menjadi sosok yang meneruskan tren apik bek sayap kanan Inggris di Manchester United.

Ya, Aaron Wan-Bissaka namanya begitu menyedot perhatian pada masa bursa transfer musim panas 2019 ini. Bek sayap kanan berusia 21 tahun itu memutuskan pindah dari Crystal Palace menuju klub besar penuh sejarah, Manchester United.

Sosok Aaron Wan-Bissaka merapat ke Manchester United dengan mahar transfer sekitar 50 juta pound atau Rp897 miliar. Aaron Wan-Bissaka juga menandatangani kontrak yang berdurasi lima tahun, plus opsi tambahan 12 bulan.

Kedatangan Aaron Wan-Bissaka terbilang menjadi angin segar bagi Manchester United. Pasalnya Manchester United baru saja kehilangan Antonio Valencia yang dilepas secara gratis ke klub Ekuador, LDU Quito.

Selain itu, kehadiran pemain Timnas Inggris U-21 dipercaya bisa membangkitkan prestasi Manchester United. Terlebih bila melihat tren apik yang dimiliki Setan Merah bersama para bek sayap kanan berkebangsaan Inggris.

Dalam tiga dekade terakhir, Manchester United setidaknya punya tiga bek kanan Inggris yang kariernya mentereng. Ketiga bek kanan Inggris itu adalah Paul Parker, Gary Neville, dan Wes Brown.


Paul Parker

©
Caption Copyright: Caption

Paul Parker merapat ke Manchester United pada musim 1991/92. Ia diboyong ke Old Trafford dari Queens Park Rangers.

Kala itu, Paul Parker datang di saat prestasi MU sedang seret. Bayangkan saja, sebelum Parker datang, terakhir kali Manchester United bisa meraih gelar Liga Inggris adalah pada 1966/67.

Kegemilangan Parker bersama Manchester United baru tercipta di musim keduanya. Parker yang total tampil 31 kali, berhasil mengantarkan Manchester United meraih gelar Liga Primer Inggris.

Karier Parker di Manchester United sendiri berakhir pada 1996. Selama berkostum Setan Merah, Parker mampu memberikan total lima gelar kepada publik Old Trafford.

Sayangnya, gemilang bersama Manchester United, karier Parker di Timnas Inggris malah terbilang kurang mengesankan. Ia hanya tampil 19 kali saja untuk negaranya dan tanpa pernah mencetak satu gol pun.

Gary Neville

© Indosport.com
Roy Keane dan Gary Neville. Copyright: Indosport.comRoy Keane dan Gary Neville.

Gary Neville bisa dibilang menjadi bek sayap kanan Inggris tersukses yang pernah berkostum Manchester United. Ia kini bahkan dianggap sebagai salah satu legenda yang namanya harum bagi publik Old Trafford.

Gary Neville sejatinya merupakan pemain asli hasil didikan akademi Manchester United. Ia termasuk ke dalam Class of 92 dan dipromosikan ke tim senior Setan Merah pada musim 1992/93.

Sebagai bek kanan, peran Gary Neville cukuplah vital. Bahkan ia pernah didaulat sebagai kapten utama Manchester United pada pertengahan medio 2000-an silam.

Selama berkostum Manchester United, Gary Neville telah menghasilkan banyak gelar. Ia tercatat mampu memberikan 20 gelar bagi Manchester United sepanjang 1992 hingga 2011.

Karier cemerlang Gary Neville di Manchester United, sejalan dengan yang ditorehkannya bersama Timnas Inggris. Gary Neville menjadi langganan Timnas Inggris dengan catatan 85 caps dan tampil di dua edisi Piala Dunia 1998 serta 2006.

Wes Brown

© Sky Sports
Mantan Pemain Man United, Wes Brown Copyright: Sky SportsMantan Pemain Man United, Wes Brown

Nama Wes Brown juga menjadi bek kanan Inggris yang sempat mencicipi kejayaan bersama Manchester United. Terutama pada musim 2007/08, Wes Brown menjadi salah satu pemain kunci di balik gelar juara Liga Champions yang diraih Manchester United.

Masih ingat dengan gol sundulan Cristiano Ronaldo yang menjebol gawang Chelsea di laga final Liga Champions 2007/08? Kala itu, torehan Cristiano Ronaldo diawali umpan silang akurat Wes Brown dari sisi kanan penyerangan Setan Merah.

Sosok Wes Brown sendiri sejatinya bukanlah bek kanan murni. Ia dapat difungsikan pula sebagai pemain yang menempati posisi bek tengah.

Walau bersinar bersama MU, karier Wes Brown di Timnas Inggris tak terlalu cemerlang. Ia hanya mencatatkan 23 penampilan, tanpa pernah berlaga di ajang bergengsi seperti Piala Dunia ataupun Euro.