Bola Internasional

3 Fakta Tak Terduga Tristan Gooijer, Pemain Keturunan Indonesia di Ajax Amsterdam

Selasa, 2 Juli 2019 08:36 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan. Copyright: © ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini pemain 14 tahun keturunan Indonesia Tristan Gooijer bermain di klub raksasa Belanda Ajax Amsterdam dan ada fakta tak terduga di balik hal tersebut.

Tristan Gooijer saat ini tengah menimba ilmu di akademi sepak bola Ajax Amsterdam, mulai dari U-14 hingga sekarang  naik ke tim U-17.

Kabar Tristan Gooijer memiliki darah Indonesia tercatut dalam situs statistik asal Jerman Transfermarkt. Tristan memiliki dua warga negara, yaitu Belanda dan Indonesia.

Tristan Gooijer pun tercatat pernah membela klub Belanda lainnya, Almere City. Kemudian 1 Juli 2016 Tristan Gooijer bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam.

Kini Tristan Gooijer terdaftar di akuat Ajax U-17 tetapi belum menjalani debut. Namanya kerap masuk dalam daftar susunan pemain cadangan.

Kendati begitu tentunya para penggemar sepak bola nasional ingin mengetahui bagaimana fakta terkait Tristan Gooijer yang memiliki darah keturunan Indonesia.

1. Versitale

© ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer (kanan) saat menyundul bola. Copyright: ajax.nlPemain Ajax U-17 Tristan Gooijer (kanan) saat menyundul bola.

Berdasarkan situs Transfermarkt, Tristan Gooijer merupakan pemain dengan posisi asli sebagai bek tengah. Namun ada posisi lain yang kerap ia mainkan.

Tristan Gooijer juga pernah ditempatkan sebagai gelandang bertahan dan bek sayap kanan. Dengan kata lain Tristan Gooijer merupakan pemain versitale.

2. Gol Terbaik

© Twitter/@AjaxYA
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola. Copyright: Twitter/@AjaxYAPemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola.

Selain itu Tristan Gooijer juga pernah terpilih sebagai pencetak gol terbaik (Doelpunt van de Maand) pada Februari 2018 lalu usai laga Ajax U-14 vs FC Utrecht U-14.

Kala itu Tristan Gooijer mendapatkan bola liar di lini tengah, lalu ia giring sebentar, hingga akhirnya melepaskan tendangan keras yang tak bisa dihalau kiper lawan.

3. Dipanggil Timnas

© ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola. Copyright: ajax.nlPemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola.

Fakta terakhir menyebutkan kalau Tristan Gooijer ternyata pernah mendapat kesempatan panggilan Timnas Belanda U-14 pada Januari 2018 lalu.

Namanya terpampang jelas beserta beberapa pemain Ajax lainnya. Hal itu diumumkan langsung oleh klub yang menaungi Tristan Gooijer.