Liga Indonesia

3 Kemungkinan Yunan Helmi Bisa Bangkitkan Barito Putera di Liga 1 2019

Selasa, 2 Juli 2019 15:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sejauh ini ada tiga kemungkinan yang membuat pelatih Yunan Helmi bia membangkitkan kiprah Barito Putera di Liga 1 2019.

Barito Putera menunjuk pelatih Yunan Helmi untuk menggantikan juru taktik asal Brasil Jacksen F. Tiago yang mengundurkan diri usai membukukan hasil buruk dalam beberapa laga.

Penunjukan Helmi Yahya dilakukan usai rapat internal yang dipimpin langsung oleh manajer Laskar Antasari, Hasnuryadi Sulaiman di Jakarta.

Yunan mengaku pasca rapat ia dipilih sebagai kepala pelatih Barito Putera. Pertemuan pun dilakukan dengan secara kekeluargaan.

"Kami harus berjuang untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan dari para rival," papar Yunan kepada wartawan, Senin (24/06/19).

Dengan begitu Yunan Helmi pun langsung menahkodai Barito Putera di laga perdannya sebagai kepala pelatih di Liga 1 2019 dengan melawan PSIS Semarang.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Caption Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTKepala pelatih Barito Putera Yunan Helmi (tengah).

Yunan Helmi sukses memetik satu poin di Stadion Moch. Soebroto, yang merupakan kandang Laskar Mahesa Jenar. Tentu hasil ini cukup baik baginya.

Dengan titik cerah tersebut, ada tiga kemungkinan yang membuat Yunan Helim bisa membangkitkan Barito Putera di Liga 1 2019 ini. Simak.

1. Pengalaman Asisten Timnas U-22 AFF

© Instagram/psbaritoputeraofficial
Tiga pemain muda Barito Putera di Timnas U-22: Dandi Maulana, Muhammad Riyandi, dan Rafi Syarahil bersama asisten pelatih Yunan Helmi Copyright: Instagram/psbaritoputeraofficialTiga pemain muda Barito Putera di Timnas U-22: Dandi Maulana, Muhammad Riyandi, dan Rafi Syarahil bersama asisten pelatih Yunan Helmi

Kemungkinan pertama yang membuat Yunan Helmi bisa membawa dampak positif menukangi Barito Putera ialah pengalamannya menjadi asisten Timnas Indonesia U-22.

Pasalnya, ia menjadi salah satu dari bagian keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara Piala AFF 2019 untuk pertama kalinya.

Sehingga bisa dibilang mental juara telah dimiliki oleh Yunan Helmi dalam membangkitkan Barito Putera dari keterpurukan saat ini.

2. Kaya Akan Taktik

© Instagram Barito Putera
Yunan Helmi, pelatih Barito Putera Copyright: Instagram Barito PuteraYunan Helmi, pelatih Barito Putera.

Pelatih yang berlinsensi AFC Pro ini tampaknya kaya akan taktik dalam menentukan skema permainan Barito Putera di Liga 1 2019 ini.

Lantaran ia sudah menjadi asisten pelatih sejak 2008 lalu dan sempat bekerja sama dengan kepala juru skema seperti Salahudin, Milomir Seslija, Mundari Karya Jacksen F. Tiago, dan Indra Sjafri.

Dengan menyerap ilmu dari dereta pelatih top tadi, tentu membuat Helmi Yahya memiliki pemahaman luas dalam membangun skema yang pas untuk Barito Putera.

3. Mudah Adaptasi

© Instagram Barito Putera
Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi Copyright: Instagram Barito PuteraPelatih Barito Putera, Yunan Helmi.

Kemungkinan terakhir adalah kalau Yunan Helmi sudah dikenal dengan para pemain Barito Putera. Sehingga tak perlu adaptasi terlalu lama lagi.

Hal itu dirasakan oleh salah satu bek muda Barito Putera, yakni Dandi Maulana. Ia yakin Yunan bisa membangkitkan gairah Barito Putera.

"Kami pemain sudah tahu coach Yunan. Sehingga kami tidak perlu beradaptasi lama. Tentu saya pribadi yakin kami akan lebih baik lagi," ungkap Dandi kepada wartawan, Senin (01/07/19).

Maka dari itu mari lihat bersama-sama bagaimana kiprah Yunan Helmi di Liga 1 2019 ini.