Bola Internasional

5 Rekor Fantastis di Piala Dunia Wanita 2019, Dikuasai "Penari" Brasil

Rabu, 3 Juli 2019 12:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Daniela Porcelli/Getty Images
Ilustrasi trofi Piala Dunia Wanita 2019. Copyright: © Daniela Porcelli/Getty Images
Ilustrasi trofi Piala Dunia Wanita 2019.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia Wanita 2019 sudah berlangsung selama sebulan dan akan memasuki partai puncak. Sederet rekor fantastis mewarnai turnamen empat tahunan ini, sebagian besar ditorehkan oleh pemain Brasil.

Di final nanti, Amerika Serikat yang baru saja menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 menunggu pemenang laga Belanda versus Swedia, Kamis (4/7/19) besok. Pencapaian Alex Morgan dkk. berujung rekor final ketiga secara beruntun setelah 2011 dan 2015.

Disamping rekor tersebut, terdapat beberapa rekor mencengangkan lain selama turnamen Piala Dunia Wanita 2019 ini. Dilansir dari Talksport, berikut ini lima rekor fantastis tersebut.

1. Gol Terbanyak di Piala Dunia, Marta (17 gol)

Penyerang Brasil ini sebelumnya telah membukukan 112 gol dari 147 penampilannya di level internasional. Sementara di Prancis, Marta mematahkan rekor pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia pria dan wanita.

Sejauh Piala Dunia Wanita yang dia ikuti, penyerang berusia 33 tahun itu membukukan 17 gol dalam 19 pertandingan, bahkan mengungguli torehan legenda-legenda dunia seperti Ronaldo Luis (15) dan Miroslav Klose (16).

2. Margin Kemenangan Terbesar, Amerika Serikat vs Thailand (13-0)

Pertandingan paling bersejarah di turnamen Piala Dunia 2019 adalah ketika Amerika Serikat menggilas Thailand dengan skor supertelak 13-0 di fase grup.

Di laga tersebut, AS mencetak tiga gol di babak pertama, sisanya digelontorkan pada babak kedua. Alex Morgan menyumbang lima gol dan kemenangan ini menjadi margin terbesar sepanjang sejarah Piala Dunia, baik kategori pria maupun wanita.

Di kategori pria, margin sembilan gol pernah terjadi tiga kali, antara lain Hungaria versus Korea Selatan 9-0 (1954), Yugoslavia vs Zaire 9-0 (1974), dan Hungaria vs El Salvador 10-1 (1982).

3. Kebobolan Gol Terbanyak, Thailand (20 gol)

Thailand menjadi peserta Piala Dunia yang paling banyak kebobolan gol. Sebanyak 20 gol membobol gawang mereka, masing-masing melawan Amerika Serikat (13), Swedia (5).

Bertolak belakang dengan Thailand, AS justru menjadi tim yang paling banyak menghasilkan gol di babak penyisihan grup untuk Piala Dunia pria dan wanita.

Sebanyak 13 gol yang dicetak menjadi penyumbang terbesar rekor tersebut. Selain itu, AS juga menceploskan tiga gol ke gawang Chile dan dua gol ke gawang Swedia.

4. Pemain yang Paling Banyak Bermain Piala Dunia, Formiga (7 Edisi)

Pemain veteran Brasil, Formiga, pertama kali tampil di Piala Dunia 1995. Di usianya yang menginjak 41 saat ini, dia telah memainkan tujuh turnamen Piala Dunia.

Formiga sejatinya sudah pensiun dari timnas pada 2016, namun dia kembali debut pada 2018 untuk membela Brasil di Copa America Femenina.

Rekor Formiga ini dua edisi lebih banyak daripada pemain Meksiko, Antonio Carbajal dan Rafael Marquez, serta legenda Jerman, Lothar Matthaus, yang masing-masing baru bermain lima kali.

5. Pemain Tertua yang Mencetak Hattrick, Cristiane (34 Tahun)

Penyerang asal Brasil menjadi sosok yang fenomenal usai mencetak rekor gol dalam kariernya. Saat ini, Cristiane telah membukukan 94 gol dari 140 penampilannya di level internasional.

Selain itu, Cristiane juga mencetak hattrick saat melawan Jamaika di fase grup. Hal ini menjadikannya sebagai pemain tertua yang mampu mencetak tiga gol dalam satu pertandingan Piala Dunia.

Sebelumnya, pemain tertua yang mencetak hattrick di Piala Dunia Pria adalah Cristiano Ronaldo ketika menyarangkan tiga gol ke gawang Spanyol pada Piala Dunia 2018.