Liga Inggris

Ditinggal Lampard, Derby County 'Resmi' Dilatih Legenda Barcelona

Kamis, 4 Juli 2019 17:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Edwin van Zandvoort/Soccrates/Getty Images
Phillip Cocu, legenda Barcelona yang akan gantikan Frank Lampard di Derby County Copyright: © Edwin van Zandvoort/Soccrates/Getty Images
Phillip Cocu, legenda Barcelona yang akan gantikan Frank Lampard di Derby County

INDOSPORT.COM – Derby County bergegas mencari pengganti Frank Lampard yang telah resmi menjadi manjer Chelsea. Klub Divisi Championship itu tinggal menunggu waktu untuk mersemikan Phillip Cocu sebagai manajer baru mereka.

Dilansir dari kanal berita sepak bola internasional Telegraph, Derby telah melakukan kontak dengan Cocu dan pelatih berkebangsaan Belanda itu diberitakan setuju untuk menangani The Rams musim depan.

Cocu dilaporkan akan menandatangani kontrak sebagai pelatih Derby County pada Kamis (4/7/19) siang waktu setempat. Pemilik Derby County, Mel Morris, disebutkan sebagai orang yang melakukan kontak secara langsung dengan Cocu.

Mantan pelatih Timnas Belanda periode 2008-2012 akan diikat dengan kontrak selama empat tahun oleh klub yang bermarkas di Stadion Pride Park tersebut.

Usai teken kontrak dengan Derby, eks pemain PSV Eindhoven dan Barcelona itu dijadwalkan bakal langsung menyusul skuat The Rams yang tengah melakoni tur pramusim di Florida, Amerika Serikat.

Phillip Cocu pensiun sebagai pemain sepak bola pada tahun 2008 lalu. Klub terakhir yang ia bela adalah Al Jazira SC yang berkompetisi di Liga Arab Saudi.

Selama aktif bermain, Cocu angkat nama bersama klub PSV Eindhoven dan Barcelona. Eks gelandang serba bisa itu membela PSV Eindhoven dalam dua periode, yakni 1995-1998 dan 2004-2007.

Bersama PSV Eindhoven, Cocu berhasil meraih empat gelar juara Eredivisie Belanda dan dua titel Piala Belanda. Selain besar bersama klub yang bermarkas di Stadion Philips tersebut, Cocu juga melegenda bersam Barcelona.

Pria kelahiran Eindhoven itu tercatat enam musim berseragam Barcelona. Ia turut mempersembahkan satu gelar juara LaLiga Spanyol pada musim 1998/99.

Usai pensiun, Philip Cocu kemudian banting stir menjadi pelatih. Ia pernah menjabat sebagai pelatih PSV Eindhoven, Fenerbahce, dan Timnas Belanda.