Liga Indonesia

Starting XI Terbaik Pekan ke-6 Liga 1 2019: Bali United Mendominasi, Persib Absen

Jumat, 5 Juli 2019 16:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting terbaik Liga 1 2019 pekan-6 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting terbaik Liga 1 2019 pekan-6

INDOSPORT.COM - Kompetisi Shopee Liga 1 2019 pekan keenam telah selesai pada Kamis (04/07/19) kemarin dan di bawah ini rangkuman Starting XI terbaik.

Satu pertandingan menutup jalannya pekan keenam Liga 1 2019, tepatnya pada laga Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Jawa Timur.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Laskar Sapeh Kerrab. Hal ini membuat Pasukan Ramang mengalami kekalahan perdana di Liga 1 2019.

Selain itu, pada pertandingan lainnya juga menghadirkan sajian seru, di mana ada beberapa klub yang sukses mencuri poin di kandang lawan.

Dalam sembilan partai yang dijalani, para kontestan membuat sejumlah pemain mencatatkan performa yang baik. Hal ini membuat mereka bisa masuk Starting XI versi INDOSPORT.

Kiper:

Shahar Ginanjar (Persija Jakarta)

© Media Persija
Pemain Persija, Shahar Ginanjar. Copyright: Media PersijaPemain Persija, Shahar Ginanjar.

Posisi kiper tampaknya sangat tepat disematkan untuk Shahar Ginanjar. Sebab ia berhasil membawa Persija Jakarta meraih kemenangan tanpa kebobolan dari PSS Sleman.

Meski sebagai kiper pelapis, Shahar malah mampu tampil gemilang usai menggantikan penjaga gawang utama Andritany Ardhiyasa yang mengalami cedera.

Beberapa peluang berhasil dipatahkan oleh Shahar seperti tendangan striker asing PSS Sleman Yevhen Bokhashvili pada menit ke-45.

Bek:

Agung Prasetyo (Semen Padang)

© INDOSPORT/Taufik Hidayat
Agung Prasetyo merayakan gol yang ia cetak ke arah pendukung Semen Padang. Copyright: INDOSPORT/Taufik HidayatAgung Prasetyo merayakan gol yang ia cetak ke arah pendukung Semen Padang.

Lalu, untuk posisi bek kanan, rasanya pantas disandangkan pada pemain Semen Padang, Agung Prasetyo. Pergerakannya yang fleksibel dalam bertahan ataupun menyerang menjadi nilai plus.

Terlebih, ia juga menjadi bek yang tak ragu untuk menempel ketat pergerakan lawan, tepatnya ketika melawan Persipura Jayapura.

Jajang Mulyana (Bhayangkara FC)

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jajang Mulyana terlihat kesusahan dengan lapangan buruk. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTJajang Mulyana terlihat kesusahan dengan lapangan buruk.

Untuk pos bek tengah, rasanya sangat cocok sekali dihuni Jajang Mulyana. Pemain yang menjadi kapten Bhayangkara FC ini tampil apik saat mengalahkan Persib.

Apalagi, ia menjadi aktor yang membuat semangat para pemain Bhayangkara FC naik usai membobol gawang Persib pada menit ke-37.

Willian Pacheco (Bali United)

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Willian Pacheco mengambil bola atas Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWillian Pacheco mengambil bola atas.

Tandem yang pas ialah Willian Pacheco dari Bali United. Pacheco mampu mengomandoi lini belakang Bali United untuk terus menghalau serangan lawan.

Nilai positifnya, Pacheco sukses menorehkan catatan dalam daftar pencetak gol usai membobol gawang Badak Lampung FC.

Dandi Maulana (Barito Putera)

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Bek Barito Putera, Dandi Maulana (kiri) berusaha menghentikan laju striker PSIS Semarang, Silvio Escobar. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTBek Barito Putera, Dandi Maulana (kiri) berusaha menghentikan laju striker PSIS Semarang, Silvio Escobar. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

Dandi Maulana layak mengisi lini bek sayap kiri. Kecepatan dan ketanggapannya dalam menghalau pergerakan lawan sangat bagus.

Puncaknya, ia sempat membuat striker Hari Nur Yulianto tak bisa berbuat banyak dalam menusuk ke dalam kotak penalti karena dikawal ketat.

Gelandang:

Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya)

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay berusaha lepas dari kawalan Arif Satriya. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTOsvaldo Haay berusaha lepas dari kawalan Arif Satriya.

Bergerak ke pos tengah, Osvaldo Haay sangat pas untuk mengisi lini yang harus memiliki daya jelajah yang luas ini. Ia tampil begitu tenang meski berusia muda.

Osvaldo Haay bahkan menjadi peran penting dalam proses dua gol yang dikemas oleh Persebaya saat mengalahkan Persela Lamongan.

Louise Parfait (TIRA-Persikabo)

© rri.co.id
Pemain asing anyar PS TIRA-Persikabo Louis Essengue Eloumu Parfait Copyright: rri.co.idPemain asing anyar PS TIRA-Persikabo Louis Essengue Eloumu Parfait

Berikutnya ada gelandang TIRA-Persikabo, Louise Parfait, yang juga cocok masuk dalam Starting Xi terbaik pekan keenam Liga 1 2019.

Meski bermain di lini tengah, buktinya Parfait bisa mencetak gol penting dalam kemenangan The Army atas Arema FC di menit-menit akhir.

Fadil Sausu (Bali United)

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Gelandang Bali United, Fadil Sausu. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTGelandang Bali United, Fadil Sausu. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Lalu, ada kapten Bali United, Fadil Sausu, yang juga pantas sekali masuk dalam Starting XI terbaik pekan keenam Liga 1 2019 ini.

Sebagai gelandang sentral, tugas Fadil Sausu sangat penting dalam mengatur tempo permainan dan mengalirkan bola dari lini belakang ke depan sekaligus menjadi pelindung bek.

Penyerang:

Osas Saha (TIRA-Persikabo)

© www.instagram.com/pstni_official/
Osas Saha merayakan gol ke gawan Persib Bandung Copyright: www.instagram.com/pstni_official/Osas Saha merayakan gol ke gawan Persib Bandung.

Bergeser ke pos depan, ada striker naturalisasi milik TIRA-Persikabo, Osas Saha, yang juga mampu bermain gemilang di pekan keenam Liga 1 2019.

Bagaimana tidak? Bermain di posisi baru, yakni winger kanan, Osas Saha tetap bisa mengeluarkan kemampuannya dalam membobol gawang lawan seperti yang dilakukannya saat mengandaskan Arema FC.

Ilija Spasojevic (Bali United)

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Haudi Abdillah (kanan) saat memberi ucapan selamat pada Ilija Spasojevic yang sukses mencetak gol. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek Bali United, Haudi Abdillah (kanan) saat memberi ucapan selamat pada Ilija Spasojevic yang sukses mencetak gol. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Untuk striker utama rasanya sangat pantas sekali untuk menempatkan Ilija Spasojevic. Sebab, striker 31 tahun ini sukses mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Beberapa kali pergerakannya merepotkan bek-bek lawan. Puncaknya, Spaso mampu membuka keran gol Bali United, tepatnya pada menit ke-33 saat bersua Badak Lampung FC.

Greg Nwokolo (Madura United)

© Twitter/@MaduraUnitedFC
Greg Nwokolo (kanan) dibayangi Zulham Zamrun (kiri) pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19). Copyright: Twitter/@MaduraUnitedFCGreg Nwokolo (kanan) dibayangi Zulham Zamrun (kiri) pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19).

Terakhir untuk penyerang sayap kiri cocok untuk dihuni oleh Greg Nwokolo. Mobilitasnya dalam menusuk jantung pertahanan lawan menjadi salah satu pertimbangan.

Greg juga menjadi aktor dalam satu gol yang dicetak Madura United kala mengandaskan PSM Makassar. Umpannya malah berujung gol bunuh diri dan ada beberapa operan matang yang belum dimaksimalkan rekannya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting terbaik Liga 1 2019 pekan-6 Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTStarting terbaik Liga 1 2019 pekan-6