Liga Indonesia

Bantai Persib, Penyerang Persebaya Tiru Gol Indah Piala Dunia Milik Van Persie

Sabtu, 6 Juli 2019 08:22 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Salah satu gol unik yang terjadi di Piala Dunia 2014 yang diciptakan oleh striker Belanda, Robin van Persie ke gawang Spanyol (13/06/14). Copyright: © INDOSPORT
Salah satu gol unik yang terjadi di Piala Dunia 2014 yang diciptakan oleh striker Belanda, Robin van Persie ke gawang Spanyol (13/06/14).

INDOSPORT. COM - Amido Balde, penyerang jangkung Persebaya Surabaya ini namanya belakangan sedang mencuat lantaran mampu meniru gol indah Piala Dunia milik legenda Timnas Belanda, Robin Van Persie.

Amido Balde menjadi sosok bintang lapangan ketika timnya, Persebaya Surabaya, bertanding kontra Persib Bandung di laga lanjutan Liga 1 2019, Jumat (05/07/19) kemarin. Dalam laga yang berkesudahan 4-0 untuk kemenangan Persebaya Surabaya tersebut, Amido Balde berhasil membukukan hattrick.

Amido Balde mengawali aksinya dengan menceploskan dua gol di babak pertama, masing-masing pada menit ke-34 dan 44'. Aksi ketajaman Amido Balde berlanjut pada menit ke-58, yang mana gol itu menggenapkan dirinya menorehkan hattrick.

Kegemilangan Amido Balde dalam laga Persebaya vs Persib kemarin, ternyata bukan hanya dari soal ketajamannya saja. Salah satu dari tiga golnya, mampu dicetak Amido Balde lewat cara yang berkelas.

Ya, pada gol pertamanya, Amido Balde mampu mengelabui kiper lawan, Muhammad Natshir, dengan sebuah sundulan mematikan. Menerima umpan lambung dari lini kedua, Amido Balde langsung melepaskan tandukkan yang membuat bola melambung indah dan menghujam gawang Persib.

Kalau dilihat lebih detil lagi, gol sundulan Amido Balde ini sangat mirip dengan torehan legenda Timnas Belanda, Robin Van Persie, di Piala Dunia 2014 lalu.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESLegenda Timnas Belanda, Robin van Persie.

Kala itu, Van Persie berhasil membuat penjaga gawang Timnas Spanyol, Iker Casillas, tak berdaya, lewat aksi sundulan terbangnya yang banyak dianggap sebagai salah satu gol terindah di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Perbandingan keindahan gol Amido Balde dan Van Persie juga sudah mulai menyebar di dunia maya. Pada akun Instagram @indonesia.highlightid misalnya, replay gol sundulan Amido Balde dan Van Persie nampak disandingkan ke dalam sebuah video.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cuplikan Sepakbola (@indonesia.highlightid) on

Amido Balde sendiri merupakan sosok baru di bagi Persebaya. Penyerang berkebangsaan Guinea-Bissau itu baru merapat ke Persebaya pada bursa transfer 2019 lalu.

Kiprah Amido Balde di Liga 1 2019 bersama Bajul Ijo pun nampak menjanjikan. Setelah melempem pada penampilan debutnya, Amido Balde langsung bisa mencetak empat gol dalam dua laga beruntun berikutnya.

Meningkatnya peforma Amido Balde, lantas turut berpengaruh kepada posisi Persebaya di tabel klasemen. Persebaya saat ini menempati urutan lima klasemen sementara dengan torehan 11 poin.