Bola Internasional

FIFA Konfirmasi Indonesia Lawan Thailand-Myanmar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Sabtu, 6 Juli 2019 17:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
LOGO FIFA. Copyright: © INDOSPORT
LOGO FIFA.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengonfirmasi bahwa Indonesia akan bersaing dengan Thailand-Myanmar untuk menjadi tuan rumah Piala DUnia U-20 2021 mendatang.

Sebanyak delapan negara telah menunjukkan minatnya untuk menjadi tuan rumah Piala DUnia U-20 2021 sejak bulan Mei lalu. Mereka dilaporkan juga telah membuat penawaran atas niat tersebut.

Dilansir dari Foxsport Asia, FIFA mengonfimasi bahwa Thailand bergabung dengan Myamnar untuk menjadi tuan rumah turnamen, sementara Indonesia mengajukan diri sebaga penawar tunggal.

“Seluruh delapan anggota FIFA yang berminat menggelar Piala Dunia U-20 2021 telah mengonfirmasi partisipasinya di dalam proses penawaran dengan mengumpulkan syarat dan ketentuan yang relevan sebelum 21 Juni,” kata AFC dalam pernyataannya.

“Karena beberapa negara memilih penawaran gabungan, sehingga lima penawaran akan bersaing dan bersiap mengumpulkan proposal sebelum 30 Agustus,” lanjut pernyataan tersebut.

Tiga dari lima penawaran tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 itu merupakan perwakilan Asia, yakni Thailand-Myanmar, Bahrain-Uni Emirat Arab, dan Indonesia. Dua negara lainnya adalah Brasil dan Peru.

Berasarkan panduan proses penawaran, FIFA akan meninjau dan menilai setiap proposal yang diterima. Keputusan akhir akan ditentukan oleh Dewan FIFA pada pertemuan di Shanghai, China, pada 23 dan 24 Oktober.

Mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, PSSI sudah memilih enam stadion sebagai venue turnamen. Diantaranya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), dan Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor).

Khusus Stadion Wibawa Mukti, Indonesia memilihnya karena stadion ini dianggap memenuhi syarat dan berstandar internasional. Stadion ini kerap digunakan untuk ajang internasional dan tempat TC Timnas dari segala sektor usia.

Selain Piala Dunia U-20 2021, Indonesia juga berniat mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 dengan mengajak Australia sebagai pasangan tandemnya.

3