'Bedol Desa' Golden State Warriors di Bursa Transfer, Serupa dengan Dortmund dan Persija?

Jumat, 5 Juli 2019 14:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Aksi selebrasi pemain Golden State Warriors, Stephen Curry, Alfonzo McKinnie, Kevin Durant dan Kevon Looney. Copyright: © Getty Images
Aksi selebrasi pemain Golden State Warriors, Stephen Curry, Alfonzo McKinnie, Kevin Durant dan Kevon Looney.

INDOSPORT.COM - Golden State Warriors kehilangan pemain-pemain bintangnya dalam tempo cepat. Perginya pemain bintang Golden State Warriors, membuat tim lain semakin kuat. 

Kompetisi NBA musim 2018/19 telah berakhir. Toronto Raptors mengalahkan Golden State Warriors di partai final dengan skor 4-2. 

Kini, tim-tim NBA disibukkan dengan pertandingan pramusim di NBA Summer League 2019. Selain itu, klub-klub NBA mulai membangun kembali tim dengan draft, trade, dan free agency. 

Aktifitas bursa transfer yang menggeliat tersebut membuat beberapa tim menjadi sorotan. Salah satu yang menjadi sorotan tentunya adalah Golden State Warriors. 

Sebagai tim yang lolos ke final NBA 5 kali beruntun dan meraih 3 gelar juara, sepak terjang Golden State Warriors tentu akan menjadi sorotan. 

Apa yang terjadi pada Golden State Warriors saat ini mirip seperti apa yang terjadi pada klub sepak bola Borussia Dortmund dan Persija Jakarta. 

Kasus Borussia Dortmund dan Persija Jakarta

Borussia Dortmund sempat menguasai Bundesliga pada musim 2010/11 dan 2012/13. Akan tetapi di musim setelahnya kekuatan Borussia Dortmund satu persatu "dipreteli" oleh klub lain, terutama Bayern Munchen. 

Robert Lewandowski, Mats Hummels, hingga Mario Gotze menyebrang ke Bayern Munchen dan membuat Bayern Munchen menjadi tak ada lawan sepadan dan menguasai Bundesliga 7 musim beruntun. 

Hal yang mirip juga terjadi kepada Persija Jakarta usai musim 2018 berakhir. Pemain penting seperti Renan Silva, Jaimerson, Gunawan Dwi Cahyo, Vava Mario Yagalo, bahkan sang pelatih Stefano Cugurra Teco ramai-ramai meninggalkan Macan Kemayoran. 

Hasilnya, dua tim yang mendapat pemain jebolan Persija, Madura United dan Bali United, saat ini menguasai klasemen Liga 1 dan belum terkalahkan. 

Tim Lain Semakin Kuat

Golden State Warriors kehilangan beberapa pilar pentingnya seperti Andre Iguodala dan sang megabintang Kevin Durant.

Golden State Warriors juga masih was-was dengan status DeMarcus Cousins yang menjadi incaran Boston Celtics dan Miami Heat. 

Kepergian pemain-pemain bintang Golden State Warriors tersebut mengurangi kekuatan anak asuh Steve Kerr, dan justru membuat tim lain semakin kuat. 

Contohnya adalah kepindahan Kevin Durant yang justru membuat Brooklyn Nets semakin kuat. Karena di saat bersamaan, Nets juga mendapatkan Kyrie Irving. 

Kevin Durant dan Kyrie Irving, sudah ditunggu DeAndre Jordan yang akan semakin menambah daya serang Brooklyn Nets. 

Beruntung Golden State Warriors bisa mempertahankan Klay Thompson yang juga menjadi buruan klub lain.