Bola Internasional

Akan Dibeli Pemilik Manchester City, Muangthong United Siap Jadi Klub Tajir Melintir Se-Asia

Senin, 8 Juli 2019 16:36 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFC Championship League
Muangthong United saat menghadapi Johor Darul Takzim di kompetisi Liga Champions Asia. Copyright: © AFC Championship League
Muangthong United saat menghadapi Johor Darul Takzim di kompetisi Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM – City Football Group (CFG) yang merupakan pemilik Manchester City melebarkan sayapnya hingga kawasan Asia Tenggara. Saat ini, CFG dikabarkan sedang melakukan penjajakan untuk mengakuisisi klub Liga 1 Thailand, Muangthong United.

Kanal berita sepak bola internasional FOX Sports melaporkan, bos CFG Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan tertarik untuk membeli Muangthong United. Gayung bersambut, pihak Muangthong pun tak membantah kabar tersebut.

“Sebuah hal normal bagi klub kelas dunia dengan reputasi internasional seperti Manchester City untuk masuk ke pasar Thailand. Entah itu ditujukan kepada Muangthong atau tim lain, kita harus menunggunya,” kata Direktur Tim Ronnarit Suewaja.

Selain Manchester City, sejumlah klub di luar Inggris memiliki afiliasi ke CFG. New York City di kompetisi Major League Soccer (MLS), Melbourne City di A-League Australia, dan Girona yang berkompetisi di LaLiga Spanyol adalah deretan klub yang berinduk kepada CFG.

Tak hanya tiga klub tersebut, CFG juga diketahui memiliki separuh kepemilikan atas klub Yokohama F. Marinos yang bermain di J.League 1 atau kompetisi teratas Liga Jepang. Di klub tersebut, ada sosok Theerathon Bunmathan yang merupakan pemain pinjaman dari Muangthong United.

Apabila jadi dibeli pemilik Manchester City, tentunya Muangthong United punya potensi untuk menjadi kekuatan baru di kawasan Asia. Klub berjuluk The Kirins tersebut saat ini dimiliki oleh Siam Cement Group (SCG) dan mendapat dukungan dari Siam Sports Syndicate.

Musim ini, Muangthong United menjalani musim yang buruk di kompetisi kasta teratas Liga Thailand. Hingga memasuki pekan ke-17, mereka masih terdampar di peringkat ke-12 dengan koleksi 20 poin dan hanya berjarak lima poin dari penghuni dasar klasemen, Suphanburi.