Liga Indonesia

Berikan Debut Liga 1 Kepada Batata, Begini Komentar Pelatih PSS Sleman

Senin, 8 Juli 2019 14:05 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© PSS Sleman
Batata saat menjalani sesi latihan bersama PSS Sleman. Copyright: © PSS Sleman
Batata saat menjalani sesi latihan bersama PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Guilherme Felipe de Castro alias Batata menjalani laga debut Liga 1 bersama PSS Sleman dalam laga melawan Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo, Minggu (7/7/19). Dia diturunkan pelatih Seto Nurdiyantoro pada pertengahan babak kedua.

Gelandang berusia 26 tahun itu memang mengalami masalah kebugaran akibar cedera otot sejak fase pramusim. Akibatnya, Batata harus melewatkan lima pertandingan awal Shopee Liga 1 2019.

"Kami memberikan dia kesempatan untuk tampil karena sudah unggul dua gol. Brian Ferreira juga sudah kelelahan makanya Batata saya masukkan," kata Seto Nurdiyantoro.

Pelatih berusia 45 tahun itu mengaku belum memberikan penilaian secara detail kepada Batata sejak masa persiapan. Hantaman cedera memang membuat pemain berpaspor Brasil tersebut lebih banyak absen selama periode pramusim.

"Mudah-mudahan pertandingan itu bisa memberikan adaptasi yang cepat di kompetisi. Saat persiapan memang oke, namun usai cedera kemarin ya kami berikan waktu untuk adaptasi lagi," ujar Seto lagi.

Sebelumnya, CEO Viola Kurniawati sempat memberi "ultimatum" kepada Batata untuk menunjukkan kontribusinya bulan ini. Sebab, PSS Sleman akan menjalani agenda padat berupa tujuh laga sepanjang Juli yang dapat menjadi panggung aksi mantan pemain Athletico Paranaense itu.

Soal ultimatum, Seto mengaku akan melihat perkembangan performa Batata selama latihan. Jika terus menunjukkan hal positif, pemain berposisi gelandang bertahan itu bakal diganjar kesempatan tampil.

"Kalau di latihan perkembangan Batata tak bagus ya saya cadangkan, atau justru tidak masuk line-up. Semua pemain diberikan kesempatan yang sama, tergantung kemajuan individu selama sesi latihan," tegas Seto.