Bola Internasional

Daftar Lengkap Juara Copa America: Punya 9 Trofi, Brasil Masih Dibawah Argentina dan Uruguay

Senin, 8 Juli 2019 08:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Goal International
Everton membuka keunggulan Brasil vs Peru di final Copa America 2019, Senin (08/07/19), di Maracana Copyright: © Goal International
Everton membuka keunggulan Brasil vs Peru di final Copa America 2019, Senin (08/07/19), di Maracana

INDOSPORT.COM - Timnas Brasil belum mampu mengalahkan jumlah trofi Copa America milik Argentina dan Uruguay, meski sudah memiliki 9 trofi juara.

Gelaran turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di benua Amerika Selatan, Copa America 2019 baru saja usai. Tuan rumah Brasil sukses keluar sebagai juaranya.

Kepastian itu didapat setelah Brasil mampu mengandaskan perlawanan Peru di partai final, dengan skor 3-1 di Stadion Maracana pada Senin (08/07/19) dini hari tadi.

Tim Samba unggul lebih dahulu melalui gol Everton Sousa di menit ke-15. Lima menit jelang babak pertama usai, Peru mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol penalti Jose Paolo Guerrero di menit ke-44.

Sial bagi Peru. Sebelum wasit meniup tanda jeda, Brasil berbalik unggul satu menit berselang melalui Gabriel Jesus menit ke-45+3. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Brasil memperbesar keunggulan melalui gol Richarlison menit ke-90 lewat sepakan penalti. Skor 3-1 pun bertahan hingga laga tuntas.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Brasil di kompetisi ini. Terakhir kali mereka juara Copa America terjadi di tahun 2007 lalu, usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0.

Total Brasil sudah mengumpulkan 9 trofi juara Copa America, sejak pertama kali ikut turnamen ini pada tahun 1916 silam. Sayangnya, jumlah trofi tersebut belum mampu melewati koleksi gelar milik rival abadinya, Argentina.

Albiceleste sejauh ini sudah memenangkan 14 trofi Copa America. Terakhir kali gelar yang mereka rasakan terjadi 26 tahnu silam atau tepatnya tahun 1993, setelah mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1 di final.

Argentina hanya kalah satu trofi dari Uruguay, sebagai negara pengoleksi gelar terbanyak Copa America dengan 15 trofi. Copa America sendiri akan kembali digelar pada tahun 2020 mendatang, dengan Argentina dan Kolombia sebagai tuan rumahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%