Liga Indonesia

Mengenang Momen Terakhir Kali Persija vs Persib di GBK: Pecahkan Rekor, Namun Anti Klimaks

Selasa, 9 Juli 2019 17:12 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Gelora Utama Bung Karno terakhir kali terjadi pada 2014 lalu. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Gelora Utama Bung Karno terakhir kali terjadi pada 2014 lalu.

INDOSPORT.COM - Setelah terakhir kali pada Liga Super Indonesia (ISL) 2014, Persija Jakarta akhirnya bisa kembali menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk menjamu Persib Bandung. 

Sebagai tim Ibukota, Persija Jakarta selama ini selalu kesulitan untuk menggunakan stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk menggelar laga kandangnya. Terutama dalam laga sepak bola besar seperti ketika harus menjamu Persib Bandung.

Dengan bayang-bayang kerusuhan yang mungkin terjadi, sering kali pihak kepolisian tak mengeluarkan izin pertandingan dua tim besar Persija vs Persib di gelar di GBK.

Namun berbeda di Shopee Liga 1 2019 ini, berhadapan di pekan ke-8, Persija Jakarta mendapatkan izin dari kepolisian Polda Metro Jaya untuk menjamu Persib Bandung di GBK. Persis seperti yang mereka lakukan tahun 2014 lalu, saat kompetisi masih bertajuk Indonesia Super League (ISL)

Persija vs Persib ISL 2014

Pertandingan putaran kedua Grup Barat ISL 2014, (10/08/14) menjadi laga sepak bola terakhir Persija Jakarta menjamu Persib Bandung di GBK.

Menjadi laga dengan jumlah penonton terbanyak di ISL 2014 kala itu, dengan jumlah penonton mencapai 66.143 orang, sayangnya Persija Jakarta gagal memanfaatkan banyaknya peluang yang tercipta di pertandingan itu.

Turun mengandalakan pemain asing asal Liberia, Boakay Eddie Foday sebagai ujung tombak, Persija Jakarta berhasil menciptakan beberapa peluang sejak awal pertandingan.

Kombinasi Ponaryo Astaman, Ramdani Lestaluhu dan Rohit Chand di lapangan tengah juga mampu memaksa Persib Bandung lebih mengandalkan bola-bola jauh untuk melancarkan serangan balik.

Namun dengan bertumpu pada seorang Makan Konate, Maung Bandung juga sesekali mampu membuat Andritany Ardhiyasa berjibaku di bawah mistar gawang Persija Jakarta.

Dengan dominasinya, Persija Jakarta sebenarnya hampir saja pulang dengan raihan tiga poin penuh.  Jika saja Boakay Eddie Foday bisa memanfaatkan dua peluang emasnnya yang terjadi di pertengahan dan penghujung babak kedua.

Di penghujung babak kedua juga, Persib Bandung hampir saja membuat tuan rumah tertunduk lesu, andai peluang emas M. Ridwan tak dihalau Andritany tepat di garis gawang.

Meski berakhir anti klimaks, pertandingan sepak bola yang berlangsung sekitar lima tahun lalu itu menjadi menarik untuk kembali di kenang kini. Karena beberapa pemain yang kini justru berpindah kubu dari Persija ke Persib atau sebaliknya.

Seperti Shahar Ginanjar dan Tony Sucipto yang dulu di Persib Bandung kini di Persija Jakarta. Juga Fabiano Beltrame, yang statusnya kini merupakan pemain Persib Bandung.

Susunan Pemain Pertandingan Persija vs Persib di ISL 2014

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame (C), Ngurah Nanak, Dani Saputra; Ramdani Lestaluhu, Amarzukih, Ponaryo, Rohit Chand, April Hadi: Edi Foday Boakay

Cadangan: Adixie Lenzivio, Syahrizal, Firmansyah, Egi Melgiansyah, Victor Pae, Aging Supriyanto, Rahmad Afandi.

Persib Bandung: I Made Wirawan; Supardi, Ahmad Jupriyanto, Vladimir Vujovic, Toni Sucipto; Taufiq, Hariono, Firman Utina (C): M. Ridwan, Jibril Coulibaly, Kanote Makan.

Cadangan: Shahar Ginanjar (PG), Jajang Sukmara, Agung Pribadi, Atep, Sigit Hermawan, Abdu Rahman Sulaeman, Tantan.