Bursa Transfer

Pulangnya Neymar ke Barcelona Jadi Berkah Bagi Arsenal, Kok Bisa?

Selasa, 9 Juli 2019 15:27 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Aurelien Meunier - PSG/PSG via Getty Images/INDOSPORT
Arsenal akan mendapat keuntungan jika Barcelona sukses membawa pulang pemain Paris Saint-Germain, Neymar pada musim panas 2019. Copyright: © Aurelien Meunier - PSG/PSG via Getty Images/INDOSPORT
Arsenal akan mendapat keuntungan jika Barcelona sukses membawa pulang pemain Paris Saint-Germain, Neymar pada musim panas 2019.

INDOSPORT.COM - Arsenal akan mendapatkan 'durian runtuh' jika Barcelona benar-benar sukses memulangkan pemain Paris Saint-Germain, Neymar pada bursa transfer musim panas 2019.

Pemain sepak bola asal Brasil, Neymar, memang sudah lama memiliki keinginan untuk kembali ke mantan klubnya, Barcelona. Kabarnya, ia merasa kurang betah untuk bermain di klub raksasa Liga 1 Prancis tersebut.

Di sisi lain, Blaugrana pun juga menyambut baik niat eks pemain mereka itu yang ingin pulang ke Camp Nou. Bahkan, klub LaLiga Spanyol tersebut telah melakukan diskusi dengan pihak PSG.

Meski kelancaran proses ini merupakan kabar baik bagi Barcelona, tapi ternyata ada satu klub sepak bola lagi yang bakal ikut 'kecipratan' untung, yaitu Arsenal seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Express. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasannya.

Neymar adalah pemain asal Brasil. Otomatis, dirinya bukan warga asli Eropa. Sementara itu, LaLiga Spanyol telah memberikan aturan kepada semua klub yang ikut serta di kompetisi tersebut, untuk hanya boleh memiliki tiga pemain non Uni Eropa dalam skuat mereka.

Barcelona sendiri saat ini telah memiliki tiga pemain luar Uni Eropa, yaitu Arthur Melo (Brasil), Arturo Vidal (Chile), dan Malcom (Brasil). Sehingga, jika klub tersebut mendatangkan Neymar, otomatis mereka harus membuang satu dari tiga pemain sepak bola itu ke klub lain sesuai aturan LaLiga Spanyol.

Dari ketiga sosok itu, hanya Malcom yang saat ini telah masuk ke dalam bursa transfer musim panas 2019. Artinya, Barcelona telah memutuskan bahwa pemain sayap berusia 22 tahun itu tidak akan mereka andalkan pada musim depan (2019/20).

Sementara itu, klub Liga Primer Inggris, Arsenal, sudah lama mengalami kesulitan untuk mendatangkan pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha, yang memiliki label harga sebesar 80 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun. Sehingga, mereka mencari pemain alternatif lain. Kebetulan, perhatian mereka tertuju kepada Malcom.

Sehingga, jika Barcelona benar-benar mendatangkan Neymar, bisa dipastikan bahwa Malcom akan langsung dilepas agar tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh LaLiga. Tentu, hal ini akan sangat menguntungkan bagi The Gunners.

Meskipun Unai Emery selaku pelatih Arsenal hanya memiliki dana 45 juta poundsterling atau sekitar Rp783 miliar, tapi hal itu tidak terlalu menjadi beban jika ia mampu menjual beberapa pemainnya seperti Mesut Ozil atau yang lain.