Liga Indonesia

Obral Kartu Kuning dan Kartu Merah, Wasit Laga Persija vs Persib Justru Banjir Pujian

Rabu, 10 Juli 2019 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel saat diganjar kartu kuning Farik Hitaba. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel saat diganjar kartu kuning Farik Hitaba.

INDOSPORT.COM – Wasit Fariq Hitaba langsung menjadi sorotan atas keputusan beraninya menjatuhkan tujuh kartu kuning dan 1 kartu merah di laga imbang 1-1 antara Persija vs Persib Bandung untuk lanjutan Shopee Liga 1 2019, Rabu (10/07/19).

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Persija dan Persib hanya puas berbagi poin setelah gol bomber Marko Simic di menit ke-75 dibalas oleh Artur Gevorkyan tepat di menit akhir pertandingan, alias menit ke-91.

Gol itu lebih sedikit ketimbang jumlah kartu yang dikeluarkan Fariq Hitaba. Wasit yang nekat melakukan VAR memakai kamera siaran langsung di Liga 1 2017 itu mencabut 7 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Hujan delapan kartu oleh Fariq langsung mendapat acungan jempol. Fariq dianggap sebagai wasit yang tidak takut intimidasi pemain dan bermental baja.

Akun pemerhati sepak bola Indonesia, @Garudarevolution bahkan menyatakan Fariq layak mendapat penghargaan man of the match. Hal ini pun langsung diamini oleh para pengikut Garuda Revolution melalui komentar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Timnas Indonesia (@garudarevolution) on

“Persija main bagus, persib main bagus, wasit juga bagus. Yang tidak bagus hanyalah komentar netizen,” tulis akun @ banirizky__.

“Kita sering mengkritik Wasit, tapi ketika Kinerja Wasit Sangat Baik kita harus APRESIASI. Kinerja Wasit hari ini Sangat Luar Biasa! Fariq Hitaba layak ke Asia! *Man of The Match*” puji @zepe_blues.

“Gw harap semua wasit kaya dia semua sih,” kata @newdayseve

Selama pertandingan tersebut, sebagian besar kartu kuning dikeluarkan untuk pemain Maung Bandung. Menariknya, keluarnya kartu kuning juga ditujukan dua penghuni bangku cadangan kedua tim.

Secara keseluruhan, Fariq memberikan kartu kuning kepada dua pemain Persija, yaitu Riko Simanjuntak dan Maman Abdurrahman; dan lima pemain Persib Bandung, yaitu Hariono, Indra Mustafa, Achmad Jufriyanto, Rene Mihelic, Ezechiel N'Douassel.

Sementara itu, satu kartu merah dijatuhkan kepada pemain Persija Novri Setiawan yang melakukan tindakan tak terpuji ke striker Persib, Ezechiel N’Douassel di sisi kiri pertahanan Persija pada menit ke-77.

Terlepas dari hujan kartu, ketegasan wasit Fariq Hitaba ini memang diperlukan. Pasalnya pertandingan dengan tensi tinggi seperti ini, memang butuh wasit yang tanpa kompromi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%