Bola Internasional

Rapper Amerika Serikat Dukung Kesetaraan Gaji pasca Piala Dunia Wanita 2019

Rabu, 10 Juli 2019 13:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© The Tropixs
Snoop Dogg merupakan penggemar LA Lakers Copyright: © The Tropixs
Snoop Dogg merupakan penggemar LA Lakers

INDOSPORT.COM – Rapper ternama Amerika Serikat, Snoop Dogg, mendesak pemerintah untuk menyetarakan gaji pesepakbola pria dan wanita menyusul kesuksesan Timnas Putri juarai Piala Dunia Wanita 2019.

Timnas Wanita Amerika Serikat berhasil merengkuh juara Piala Dunia Wanita 2019 usai mengandaskan Belanda di babak final yang diselenggarakan di Groupama Stadium, Lyon, Prancis, Minggu (07/07/19).

Timnas Wanita Amerika Serikat mempertahankan juara usai menang 2-0 atas Belanda. Gol kemenangan Amerika Serikat dicetak Megan Rapinoe (61’ pen.) dan Rose Lavelle (69’).

Menurut The Guardian, para pemain wanita AS hanya menerima bonus masing-masing 110 ribu dolar (Rp1,5 miliar) atas keberhasilannya di Piala Dunia Wanita, sedangkan pemain pria akan menerima 407 ribu dolar (Rp5,7 miliar) jika menang.

Perbedaan gaji dan bonus yang terlalu mencolok ini membuat banyak orang memprotes kebijakan pemerintah Amerika Serikat, tak terkecuali rapper Snoop Dogg.

“Patut untuk diperhatikan, selamat kepada Timnas Wanita AS atass Piala Dunia keempat mereka, namun yang ingin saya tekankan mereka hanya menerima 90 ribu dolar per pemain, tetapi para pria, jika menang, akan menerima 500 ribu dolar per pemain,” kata Snoop melalui akun media sosialnya.

“Maaf, persetan. Timnas Pria AS tidak pernah menang, mereka tidak akan pernah menang, bahkaan tidak tampil di putaran pertama (Piala Dunia 2018 Rusia),” lanjutnya.

“Bayarlah mereka (Timnas Putri), bayarlah mereka dengan bonus yang layak. Para pemain wanita itu seharusnya menerima 500 ribu dolar per atlet. Sepak Bola Amerika, let’s go girls!”

Keberhasilan Timnas Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita 2019 memang berbuntut polemik perbedaan gaji yang mencolok antara pemain pria dan wanita di negara tersebut.

Kapten Timnas, Megan Rapinoe, bahkan sudah secara lantang menyuarakan isu tersebut melalui beberapa aksi protes sepanjang turnamen yang berlangsung di Prancis itu.

Selain menolak menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat sebelumpertandingan, Rapinoe juga menolak undangan Presiden Donald Trump ke Gedung Putih, yang akhirnya membuat sang presiden jengkel.

Rapinoe membuktikan pesepak bola wanita juga layak dihargai. Bukti tersebut dia wujudkan lewat kemenangan tim dan membawa pulang Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak dan Golden Ball alias Pemain Terbaik Piala Dunia Wanita 2019.