Liga Indonesia

3 Pemain Pengoleksi Kartu Kuning Terbanyak Selama Liga 1, Ada Penggawa Persib

Jumat, 12 Juli 2019 12:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung Ezechiel N'Douassel saat diganjar kartu kuning Farik Hitaba kala bersua Persija di Liga 1 2019, Rabu (10/07/19). Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung Ezechiel N'Douassel saat diganjar kartu kuning Farik Hitaba kala bersua Persija di Liga 1 2019, Rabu (10/07/19). Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ternyata sudah tiga pemain yang mengoleksi kartu kuning terbanyak selama gelaran Liga 1 dihelat dalam tiga musim terakhir, salah satunya ada penggawa Persib Bandung.

Nama Liga 1 baru dipakai ketika akan bergulirnya kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia pada 2017 lalu. Hal ini bertujuan memudahkan para penggemar untuk mengingat.

Setelah berjalan selama kurang lebih tiga tahun, tentu banyak sekali berbagai fenomena yang terjadi di atas lapangan ketika para kontestan bermain.

Mulai dari gol-gol indah, selebrasi ikonik, hingga banyaknya pelanggaran yang membuat wasit memberikan kartu kuning sampai merah ke pemain.

Ada hal menarik dari banyaknya pemain Liga 1 yang menerima kartu kuning dari wasit dalam semusim. Pemain ini tentu mengalami kerugian karena ada kalanya tak bisa tampil akibat akumulasi kartu.

Di sisi lain, sang pemain memang diminta untuk bermain agresif oleh kepala pelatih. Karena bisa saja si pemain ini memiliki peran penting dalam skemanya.

Maka dari itu, kira-kira siapa saja pemain-pemain yang mengoleksi kartu kuning terbanyak selama berjalannya Liga 1 tiga musim terakhir? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumnya.

1. Jorge Gotor (Mitra Kukar)

© bolaindo.com
Mantan pemain Mitra Kukar Jorge Gotor. Copyright: bolaindo.com
Mantan pemain Mitra Kukar Jorge Gotor.

Pemain pertama yang mengoleksi kartu kuning terbanyak pada kompetisi Liga 1 ialah mantan bek Mitra Kukar, Jorge Gotor. Hal itu terjadi pada musim 2017.

Jorge Gotor mengoleksi setidaknya 12 kartu kuning dalam semusim. Ia juga mengantarkan Mitra Kukar finis di posisi ke-10 dengan mengoleksi 49 poin.

Jorge Gotor membuat dua gol dari 24 laga pada Liga 1 2017. Usai masa baktinya tak diperpanjang, Jorge bermain untuk klub Bangladesh Bashundhara Kings sejak 2018.

2. Marc Klok (PSM Makassar)

© PSM Makassar
Marc Klok membawa bola ke arah gawang Persela. Copyright: PSM Makassar
Marc Klok membawa bola ke arah gawang Persela.

Kemudian ada gelandang andalan PSM Makassar, Marc Klok, yang juga menjadi pemain dengan pengoleksi kartu kuning terbanyak sepanjang Liga 1 berlangsung.

Marc Klok mengumpulkan setidaknya 12 kartu kuning saat musim 2018. Pada musim yang sama Marc Klok mampu mengantarkan PSM finis sebagai runner up (61 poin).

Kini Marc Klok tengah mengurus proses naturalisasinya untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Meski lahir di Belanda, ia memiliki garis keturunan Bumi Pertiwi.

3. Ezechiel N'Douassel (Persib Bandung)

Stiker Persib Bandung, Ezechiel N

Terakhir ada striker Persib Bandung Ezechiel N'Douassel yang hingga pekan kedelapan Liga 1 2019 telah mengoleksi lima kartu kuning.

Jumlah tersebut saat ini masih menjadi yang terbanyak dari pemain lainnya. Kemungkinan jumlah tadi masih bisa bertambah hingga kompetisi berakhir.

Bisa pula posisi Ezehchiel digeser pemain lain yang juga mengoleksi kartu kuning terbanyak. Namun mari tunggu saja sampai Liga 1 2019 berakhir.